Beberapa Cara Cek Mental Health Online dengan Mudah

Daftar Isi
Cara Cek Mental Health Online

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga wajib kita jaga dan perhatikan. Pasalnya, kedua jenis kesehatan ini saling melengkapi. Lalu bagaimana cara cek mental health online yang mudah?

Di masa pandemi seperti saat ini, kondisi ekonomi semakin sulit. Hal tersebut tentu saja berpengaruh besar terhadap emosional, psikologi, kesehatan mental, hingga kehidupan sosial. Bahkan tidak sedikit membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, stres, dan depresi.

Cara Cek Mental Health Online dengan Mudah

Kesehatan mental merupakan keadaan dimana seseorang merasakan hal positif, entah itu secara emosional, sosial, maupun psikologis. Kemudian mental health ini begitu mempengaruhi cara berpikir, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain.

Menjaga mental sangat penting karena berhubungan erat dengan produktivitas seseorang. Baik itu untuk kalangan anak, dewasa, hingga berusia lanjut. Oleh sebab itu, ketahui cara cek mental health online dengan baik.

Apabila mental baik, secara otomatis lebih produktif dan potensial. Hal yang tidak kalah penting, ketika menghadapi permasalahan selalu tenang dan bersikap positif.

Cara cek mental health online mudah, Anda bisa melakukannya secara daring, misalnya melalui situs Lalui Bersama atau Satu Persen. Tes kesehatan mental ini bisa menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia di dalam situs. Bahkan Anda dapat menggunakannya tanpa berbayar.

  1. Kunjungi situsnya pada https://www.laluibersama.com/.
  2. Klik tombol yang seperti “kalkulator kesehatan mental” sebagai bentuk langkah pertama dalam diagnosa kondisi mental.
  3. Menjawab beberapa pertanyaan dengan benar.
  4. Tekan tombol “klik”  Kemudian “periksa” tunggu hasil tes mental health.

Selain itu, terdapat berbagai fitur yang lengkap dan menarik. Kemudian akan ada beberapa pertanyaan berdasarkan kondisi Anda sekarang ini. Anda bisa memberikan jawaban berdasarkan kenyataan atau apa yang dialami dan dirasakan saat ini.

Contoh Gangguan Mental

Gangguan mental yang dialami pasien ada berbagai macam. Diantaranya adalah depresi, merupakan gangguan mental yang mengganggu suasana hati. Penderita akan terlarut dalam kemurungan dan kesedihan mendalam.

Kemudian ada skizofrenia yang menyebabkan delusi, halusinasi, pikiran menjadi kacau, dan gangguan perilaku. Pada umumnya, penderita skizofrenia ini tidak dapat membedakan hal yang sebenarnya terjadi dengan halusinasi.

Selain itu juga ada ganguan mental lainnya seperti, bipolar dan gangguan kepribadian ambang keduanya juga termasuk dalam kategori penyakit ganguan mental.

Cara cek mental health online harus diikuti dengan memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Pasalnya, mental yang kurang sehat terkadang ditandai dengan gangguan seperti tidur dan makan.

Perubahan pola tidur dan makan akan terjadi, hal itu sangat mengganggu kesehatan serta kualitas hidup penderitanya. Gangguan tidur antara lain seperti insomnia (sulit tidur), parasomnia (sering mimpi buruk), dan narkolepsi (sangat mudah tidur).

Kecemasan berlebihan menjadi salah satu gejala kesehatan mental yang terganggu. Seseorang yang merasa cemas berlebihan sering mengalami kepanikan yang sulit dikendalikan, bahkan berlangsung lama. Seringkali penderita akan merasa takut dan cemas ketika menjalani kehidupan sehari-hari.

Tanda-tanda yang muncul lainnya adalah merasa putus asa dalam keadaan yang dialami saat ini. Kemudian mulai merasa marah, kesal, gelisah, dan tidak berdaya. Ada pula orang yang merasa depresi dan mempunyai niat menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Penyebab Gangguan Kesehatan Mental

Sebaiknya Anda memahami penyebabnya, karena banyak faktor atau pemicu terjadinya gangguan mental. Misalnya saja penderita penyakit tertentu hingga mengalami stres.

Stres ini juga bisa terjadi karena traumatis, misalnya saja kehilangan seseorang, kehilangan pekerjaan, atau yang lainnya. Bahkan banyak yang mengaitkan kesehatan mental dengan pandemi Covid-19.

Cara cek mental health online dapat Anda lakukan secara gratis melalui situs yang kini sudah banyak tersedia di internet. Namun sangat penting untuk memperhatikan pemicu terjadinya gangguan kesehatan mental. Dengan memperhatikan sedini mungkin, Anda bisa lebih waspada dan mengetahui secara pasti tingkat kesehatan mental yang sedang dialami.

Posting Komentar