Order pijat panggilan ke hotel dan apartemen sekarang juga, terapis wanita muda. Wa.me

Gangguan Kepribadian Ambang, Gejala & Penyebab Seseorang Bimbang

Gangguan Kepribadian Ambang

Borderline personality disorder, atau gangguan kepribadian ambang adalah merupakan salah satu gangguan mental. Anda yang tidak bisa mendeskripsikan diri sendiri, bisa saja mengalami kasus gangguan ini, loh. Juga melibatkan hubungan interpersonal dan emosi dalam diri.

Tentunya jika Anda mengalami keraguan dalam diri semua hal akan terasa tidak baik. Anda akan lebih mudah cemas dan kesulitan untuk mengambil risiko dalam menjalankan tindakan. Kegiatan sosial anda juga akan terpengaruh, sehingga Anda akan kesulitan untuk memiliki pekerjaan dan teman.

Untuk mengetahui hal tersebut, mari kita bahas bersama apa saja tanda dan gejala seseorang terkena penyakit mental ini. Dengan begitu, Anda bisa mengerti dan melakukan langkah pencegahan agar tidak terkena penyakit mental seperti ini.

Mengenal Gangguan Kepribadian Ambang

Kepribadian ambang merupakan gangguan mental yang ditandai dengan ketidak stabilkan diri. Jika seseorang mengidap gangguan kepribadian ini, maka akan berpengaruh pada pola pikir, merasakan, dan memandang diri sendiri dan orang lain dengan tidak menentu.

Biasanya penyakit ini akan mulai terlihat ketika seseorang beranjak dari remaja ke dewasa. Penderita gangguan ini akan merasa tidak mau sendirian, namun secara perilaku malah mendorong orang lain untuk menjauhinya.

Penderita gangguan kepribadian ambang ini akan sulit diterima masyarakat, sebab memiliki cara pikir, perasaan dan cara berhubungan dengan orang yang berbeda. Tentunya hal ini akan memperburuk gangguan dalam diri. Sebab sudah diketahui, orang tersebut tidak mau kesendirian.

Baca Juga: Penyakit Gangguan Bipolar

Jika Anda merasa mengalami hal tersebut, bisa jadi mengalami gangguan kepribadian borderline personality disorder. Namun tenang saja seiring berjalannya waktu gangguan ini akan berangsur menghilang. Tentunya juga harus didukung cara perawatan dengan baik.

Tanda Gejala Terkena Gangguan Kepribadian Ambang

Jika Anda mengalami tanda-tanda ini, maka berarti sedang mengalami gangguan ambang. Meski tidak terlalu bahaya, namun Anda tetap perlu mengetahui apa saja gejalanya.

  • Rasa kesepian yang berangsur-angsur
  • Perubahan identitas, seperti bingung akan tujuan, melihat diri orang yang buruk
  • Menderita paranoid dan berujung stres
  • Perasaan takut ditinggal dan sendiri
  • Perasaan ingin bunuh diri yang selalu muncul
  • Sering hilang kendali dan berakhir kemarahan
  • Suasana hari yang sering berubah-ubah

Penyebab Seseorang Menderita Kepribadian Ambang

Penyebab gangguan ini ada banyak, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab seseorang menderita hal tersebut.

Faktor Kelainan Otak

Ada kelainan bagian urat yang biasanya mengatur emosi, agresif, dan suasana hati. Selain itu, bisa saja karena adanya zat-zat kimia yang ada di bagian otak yang tentunya digunakan untuk mengatur emosi seseorang.

Faktor Lingkungan

Hal ini terjadi ketika seseorang pernah mengalami pelecehan secara seksual, fisik maupun misalnya. Jika hal ini terjadi, maka akan berpengaruh pada sikapnya berupa rasa takut. Kemaran dan stres.

Biasanya terjadi ketika orang tersebut masih anak-anak, dan terjadi ketika dia tidak bersama keluarganya. Selain itu, tinggal dengan orang yang memiliki gangguan mental juga akan berpengaruh pada orang tersebut.

Faktor Genetik

Jika orang tua memiliki silsilah gangguan mental seperti ini, maka ada kemungkinan Anda juga terkena. Karena itu, Anda perlu menyadarkan diri dan giat mendekatkan diri kepada allah. Dengan begitu, ada kemungkinan Anda bisa terbebas dari kondisi tersebut.

Gangguan kepribadian ambang ini dapat terjadi pada semua orang. Untuk menghindarinya, Anda harus bisa mengendalikan diri, dan terus berpikir positif. Keluar dari zona nyaman dan sekali-kali pergi bersama keluarga atau teman untuk refreshing.