Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Agar Bangun Tidur Merasa Bugar Segar

Tips Agar Bangun Tidur Merasa Bugar Segar

Ada beberapa tips agar bangun tidur merasa bugar, Tips ini bisa Anda terapkan untuk mendapat tubuh yang lebih segar dan fresh. Sehingga Anda dapat menjalankan aktivitas dengan baik.

Sehat dan bugar merupakan impian dari semua orang. Ada banyak cara agar dapat hidup sehat dan tetap bugar atau segar. Salah satunya yaitu dengan tidur.

Berikut Tips Agar Bangun Tidur Merasa Bugar

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mendapat hasil tidur yang baik. Jika Anda pekerja, cara ini sangat cocok untuk dilakukan. Apa saja tipsnya? Simak berikut ini.

1. Matikan Alat Elektronik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mematikan alat elektronik, seperti HP, televisi, laptop, dan lain sebagainya. Tujuan mematikan alat elektronik, agar Anda dapat tidur dengan nyenyak.

Sehingga saat bangun pagi, Anda merasa lebih fresh dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasa. Selain mematikan alat elektronik, Anda juga harus menghindari cahaya pada gadget dan menjauhkan barang tersebut saat tidur.

Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak terkena radiasi. Hal itu sudah dibuktikan pada sebuah studi yang mengatakan, bahwa alat-alat elektronik dapat mempengaruhi stimulasi kognitif pada otak, sehingga menyebabkan kualitas tidur kurang.

Baca Juga: Penyebab insomnia

Cahaya yang ada pada gadget dapat menyebabkan produksi hormon melatonin melambat, sehingga tidak bisa mengatur jam tidur biologis.

Maka dari itu, dengan menerapkan tips agar bangun tidur merasa bugar ini, kualitas tidur Anda tidak akan terganggu.

2. Hindari Makan Sebelum Tidur

Makan memang suatu kewajiban yang harus setiap orang lakukan. Namun, saat makan pun harus di waktu yang tepat. Salah satu jam yang tidak tepat untuk makan, yaitu waktu sebelum tidur.

Mengapa sebelum tidur tidak dianjurkan untuk makan? Karena, saat tidur, kebanyakan organ tubuh akan sibuk mencerna makanan yang Anda makan. Padahal, seharusnya organ tubuh bisa istirahat setelah berkegiatan seharian.

Maka, Anda sebaiknya memberi jeda antara makan dan tidur, kira-kira dua jam sebelum beristirahat agar metabolisme pada tubuh berlangsung optimal.

3. Minum Air Putih Sebelum Tidur

Ada baiknya sebelum tidur, Anda minum minimal satu gelas air putih. Hal tersebut bertujuan untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas seharian.

Selain itu, untuk membuang racun di dalam tubuh. Ternyata, meminum segelas air putih sebelum tidur dapat membuat istirahat lebih nyenyak.

4. Minum Air Putih Sesudah Bangun

Masih ada tips agar bangun tidur merasa bugar yang selanjutnya. Selain sebelum tidur, Anda juga sebaiknya minum air putih sesudah bangun. Hal tersebut berguna untuk membuang racun pada tubuh dan menghilangkan rasa haus setelah tidur semalaman.

Untuk lebih segar lagi, Anda bisa menambahkan potongan lemon ke dalam air putih tersebut. Anda dapat menyiapkan air putih tersebut sebelum tidur, sehingga saat bangun, Anda dapat langsung meminumnya.

5. Olahraga Ringan

Setelah minum air putih sesudah bangun, Anda juga bisa melakukan olahraga ringan. Hal tersebut dilakukan agar organ dan otot pada tubuh tidak bekerja secara mendadak. Sehingga tubuh lebih siap untuk menjalankan kegiatan lagi.

6. Melakukan Pemijatan

Sebelum tidur sangat baik bila melakukan tretamen pemijatan karena salah satu manfaat pijat mampu memberikan kualitas tidur yang baik & dapat mengatasi susah tidur.

NOTE: Lakukan pemijatan dari terapis yang sudah berpengalaman dan ahli, supaya mendapatkan manfaatnya secara maksimal, bukan malah sebaliknya.

7. Sarapan

Selanjutnya dengan sarapan. Terkadang, orang sering lupa atau malas untuk sarapan, padahal hal tersebut sangat penting bagi tubuh sebelum memulai aktivitas. Dikutip dari para ahli, sarapan 30 menit setelah bangun tidur dapat menstabilkan kadar gula darah.

Berikut tips agar bangun tidur merasa bugar. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang kurang waktu untuk berolahraga namun ingin mendapat tubuh fresh setiap pagi. Cara ini juga disarankan oleh dokter dan pakar kesehatan.