Order pijat panggilan ke hotel dan apartemen sekarang juga, terapis wanita muda. Wa.me

Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami Tanpa Minum Obat

Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami Tanpa Minum Obat

Sesak nafas sering kali mengganggu, sehingga Anda tidak bisa mengerjakan kegiatan dengan maksimal. Kadang ada beberapa orang yang mengeluh masalah lain ketika sesak nafas. Mulai dari pusing, batuk dan kelelahan. Karena itu, Anda perlu tahu cara mengatasi sesak nafas.

Tentunya Anda tidak ingin semua kegiatan terbatasi lantaran mengidap sebuah penyakit pernafasan. Sesak nafas bisa terjadi pada siapa saja, dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor kesehatan dan non kesehatan lainnya.

Jika penyakit sesak nafas seseorang kambuh dan tidak segera diatasi, maka akan akan berbahaya bagi kehidupannya. Hal ini tidak lain karena paru-paru tidak bisa memompa oksigen dengan baik ke seluruh tubuh.

Berikut Ini Berbagai Cara Mengatasi Sesak Nafas

Sesak nafas bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa atau orang tua. Faktor penyebabnya juga ada banyak sperti sesak nafas karena batuk, merokok, kekenyangan, dll, termasuk dari penyakit lain yang ada didalam tubuh. Bahkan ada beberapa penyakit serius yang mengakibatkan seseorang menderita sesak nafas.

Pada masa pandemi virus corona sesak nafas kerap dikaitkan dengan covid-19 karena salah satu tanda orang terjangkit oleh virus tersebut adalah sesak dibagian dada.

Untuk cara mengatasinya, maka Anda perlu melakukan berbagai cara dan tentunya dari rujukan dokter. Jika Anda rasa, sesak nafas tersebut sering kambuh, dan sulit untuk dikendalikan, maka segeralah ke dokter.

Baca Juga: Penyebab serang jantung mendadak

Sebab hal tersebut bisa menjadi gejala Anda terserang suatu penyakit tertentu. Jika cara Anda mengatasinya salah, maka bisa mengakibatkan masalah lainnya dalam tubuh. Karena itu, kami akan berikan berbagai cara mengatasi sesak nafas yang dapat Anda ikuti.

1. Duduk Dengan Tubuh Sedikit Membungkuk

Anda bisa mengatasi sesak nafas dengan cara tersebut. Ketika duduk, posisikan tubuh condong ke bawah, dan sedikit membungkuk, Anda bisa memposisikan lengan pada paha. Saat tersebut Anda bisa memanfaatkanya untuk bernafas dengan lebih tenang dan perlahan.

Hal tersebut bertujuan agar Anda lebih rilek dan paru-paru tidak kaget ketika pasokan udara menipis. Pengaturan nafas sangat penting, apalagi jika Anda sering mengalami sesak nafas.

2. Berdiri & Menyandar Pada Dinding

Cara ini paling ampuh apalagi saat Anda sudah sangat kelelahan akibat olahraga. Memposisikan diri dengan panggul menempel pada dinding dengan agak condong ke depan. Agar lebih rilek Anda bisa membuka kaki selebar bahu, dan memposisikan tangan di pinggul.

Anda bisa menaruh sepenuhnya tubuh pada dinding, Anda bisa melakukanya hingga tubuh benar-benar rilek dan nafas kembali normal.

3. Duduk Dengan Menyandarkan Kepala Ke meja

Duduk di kursi + kaki menyentuh lantai serta menghadap meja, letakkan kedua tangan di atas meja tersebut dan tidurkan kepala di bagian lengan atau bantal. Kamu akan mendapatkan posisi duduk yang lebih nyaman dalam mengatur pernafasan.

4. Pursed Lip Breathing

Cara ini merupakan proses pernafasan yang mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Cara untuk melakukanya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menarik nafas dari hidung selama dua detik, dan hembuskan secara perlahan dari mulut.

Ketika melakukanya, usahakan leher dan bahu tetap rilek. Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara ini dengan memadukan beberapa cara lainya.

5. Berbaring Santai

Cara mengatasi sesak nafas ini juga tidak kalah mudah dilakukan. Jika setelah tidur Anda sering sesak nafas maka Anda mengalami sleep apnea. Jika mengalami hal tersebut, maka Anda bisa melakukan cara ini.

Berbaring dan rentangkan tangan, taruh bantal pada kepala dan lutut Anda, lalu bernafas dengan pelan-pelan. Anda bisa lebih rileks ketika melakukanya, dengan begitu sesak nafas akan hilang dengan lebih mudah.

Berbagai cara mengatasi sesak nafas tersebut bisa dipraktekkan ketika Anda, teman atau keluarga mengalami sesak nafas. Ingat ketika seseorang sesak nafas, sebaiknya jangan diberi minum hingga nafasnya teratur. Sehingga orang tersebut tidak akan tersedak, dan mengakibatkan masalah lainnya.