Pengertian Nyeri Punggung, Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan

Dipublikasikan oleh POPULAR MASSAGE pada

Nyeri Punggung

Pengertian nyeri punggung penting untuk diketahui. Karena, ini merupakan kondisi yang banyak orang alami. Kondisi ini sebenarnya dapat terjadi karena berbagai faktor umum. Sebagian besar orang juga ada di kondisi ini setidaknya satu kali dari seumur hidupnya.

Nyeri atau sakit pada area punggung memang sangat tidak nyaman sehingga dapat berpotensi mengganggu aktivitas. Beruntungnya, kondisi ini dapat Anda atasi atau cegah sebelum menjadi lebih parah.

Mengetahui Lebih Jauh Pengertian Nyeri Punggung

Nyeri punggung adalah rasa sakit atau kaku yang dapat terjadi di sekitar tulang belakang, yakni mulai dari leher bawah hingga tulang ekor. Umumnya, akan terjadi jika terdapat gangguan pada ruas tulang belakang atau jaringan di sekitarnya.

Selain itu, juga kemungkinan besar dapat terjadi ketika ada gangguan pada organ di sekitarnya, seperti ginjal. Pada sebagian besar kasus, nyeri punggung bukan berasal dari masalah kesehatan yang serius.

Level dari nyeri punggung juga sangat beragam. Nyeripunggung dapat terjadi secara singkat selama beberapa hari atau minggu. Kemudian ada juga yang berlangsung dalam jangka panjang (kronis) dan terjadi secara berulang. Jika sudah seperti itu, segera periksakan ke ahlinya.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah kondisi nyeri punggung dapat menyerang siapa saja. Bahkan, anak-anak dan remaja dapat merasakan hal itu. Biasanya, yang terjadi di anak dan remaja tersebut akibat kesalahan postur.

Selain itu, anak dan remaja juga masih dalam masa aktifnya. Mereka bisa saja melakukan olahraga atau lainnya yang dapat menyebabkan sakit area punggung.

Untuk orang dewasa, faktor risiko lebih rentan untuk terkena sakit ini saat sudah berada di atas usia 30 atau 40 tahun. Risiko terjadinya nyeri punggung bisa lebih tinggi jika Anda kurang berolahraga, kelebihan berat bagan., kondisi psikologi yang tidak stabil, dan merokok.

Penyebab Nyeri Punggung

Jika nyeri punggung berlangsung tidak lebih dari enam minggu, maka kemungkinan besar terjadi karena jatuh atau posisi tubuh yang salah saat mengangkat beban berat.

Umumnya terjadi karena adanya pengaruh dari otot atau regangan ligamen. Gangguan pada otot tersebut dapat terjadi ketika sering mengangkat beban yang berat atau gerakan canggung yang tiba-tiba.

Kemungkinan lainnya juga karena diskus yang normalnya berperan sebagai bantalan di antara tulang belakang pecah. Penyebab nyeri punggung lainnya adalah radang sendi, osteoporosis, dan skoliosis.

Gejala

Ada beberapa gejala atau tanda dari nyeri punggung. Biasanya, terjadi meliputi sakit di otot sekitar tulang. Nyeri yang Anda rasakan juga terasa tajam.

Nyeri tersebut akan memburuk ketika membungkuk, mengangkat benda berat, berdiri, atau bahkan berjalan. Kondisi tersebut hanya akan reda ketika berbaring. Hal itulah yang sebenarnya sangat merugikan karena bisa mengganggu segala aktivitas.

Komplikasi

Jika nyeri punggung tidak Anda tangani dengan benar, maka kondisi itu akan semakin parah dan dapat menimbulkan komplikasi. Aktivitas sehari-hari Anda juga akan semakin terhambat akibat terjadinya. Ada beberapa contoh komplikasi nyeri punggung, yaitu:

  • Nyeri punggung dapat menyebabkan cacat permanen.
  • Dapat mengubah bentuk tulang belakang.
  • Gangguan di pergelangan kaki atau tangan karena saling berhubungan.
  • Terjadinya inkontinensia tinja atau urin.

Pengobatan Nyeri Punggung

Pada dasarnya dapat menghilang dengan sendirinya dan hanya membutuhkan perawatan rumahan biasa. Namun, jika sudah tidak tahan Anda bisa mengobatinya.

Obat anti inflamasi atau non steroid dapat menyebabkan nyeri punggung akut. Selain itu, Anda bisa melakukan pijat untuk meredakannya. Pijat terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut.

Bukan dari pijat biasa, untuk mengobati nyeri punggung Anda bisa melakukan pijat refleksi. Jenis pijat ini memang sangat ampuh untuk menghilangkan berbagai keluhan sakit dan nyeri di dalam tubuh.

Mengobatinya dengan cara pijat tentunya jauh lebih murah dari pengobatan di dokter. Namun, sebelum memutuskan pijat refleksi, sebaiknya Anda tetap memastikan dulu penyebab dari nyeri punggung. Jika nyeri terjadi karena kesalahan otot atau lainnya, maka Anda bisa melakukan pengobatan lanjutan dengan pijat refleksi.

Akan tetapi, jika diakibatkan dari gangguan organ sekitar, artinya Anda membutuhkan obat untuk menyembuhkan organ yang bermasalah tersebut.

Anda bisa mencari tempat refleksi yang terpercaya dan sudah memiliki banyak reputasi baik. Biasanya, pijat refleksi akan berlangsung selama beberapa kali untuk benar-benar menghilangkannya.

Pencegahan dengan Pijat

Sebelum mengobati, sebenarnya Anda bisa mencegah terjadinya nyeri punggung. Cara mencegah yang paling mudah adalah dengan memperbaiki kondisi fisik. Anda juga harus memperbaiki postur tubuh.

Postur tubuh yang salah memiliki potensi besar untuk menimbulkan nyeri punggung. Itulah kenapa, Anda harus mulai belajar untuk membiasakan diri bergerak dengan postur tubuh yang benar. Usahakan untuk selalu tegak dan jangan membungkuk.

Melakukan olahraga juga sangat membantu untuk mencegah terjadinya sakit pada area punggung. Untuk pilihan jenis olahraga dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan. Cukup dengan aerobik low impact regular, jalan santai, berenang atau aktivitas fisik sudah sangat cukup.

Dengan tubuh bergerak aktif, maka akan meningkatkan ketahanan dan kekuatan punggung dan kemungkinan besar otot dapat berfungsi dengan baik.

Hal itu dapat Anda maksimalkan pencegahan nyeri punggung dengan melakukan pijat secara berkala. Pijat secara berkala dan rutin akan membantu tubuh menjadi rileks. Otot-otot yang tadinya kaku akan kembali lemas sehingga mengurangi risiko terjadinya cedera.

Selain mencegah, melakukan pijat refleksi secara rutin sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah inflamasi, memperbaiki tulang dan otot, memperlancar peredaran dara, mengurangi stress di dalam tubuh, dan memperlancar metabolisme.

Untuk pencegahan, Anda bisa melakukan pijat refleksi selama satu bulan sekali atau dua kali. Jangan lakukan pijat terlalu sering, namun juga jangan terlalu jarang. Pilihlah tempat pijat yang terpercaya. Jika malas, saat ini juga sudah ada penyedia jasa pijat panggilan.

Anda bisa memanfaatkan jasa pijat panggilan itu agar tidak perlu repot menghabiskan waktu di perjalanan. Lagipula, jika kondisi nyeri punggung Anda sedang parah biasanya tidak akan bisa bergerak banyak. Itulah kenapa jasa pijat panggilan sangat berguna dan digemari banyak orang.

Disclaimer

Perlu Anda ingat bahwa penyakit punggung dapat datang kapan saja. Namun, Anda masih memiliki pilihan untuk mencegahnya. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu merasakan sakit dan aktivitas terganggu akibat dari nyeri pinggang.

Sebagai tambahan, akan selalu ada peluang nyeri punggung akan kembali meskipun Anda sudah mengobati kondisi itu sebelumnya. Oleh karena itu, dengan mengetahui pengertian serta gejala yang terjadi, Anda juga bisa melakukan pencegahannya. Yakni dengan olahraga, makan teratur, memperbaiki postur tubuh, dan pijat refleksi secara rutin untuk menghindari kondisi yang sama terjadi lagi.