Manfaat Asam Folat Untuk Kehamilan TriSemester Pertama

Dipublikasikan oleh POPULAR MASSAGE pada

Manfaat Asam Folat Untuk Kehamilan

Selain makanan yang sehat dan bergizi seimbang, mengkonsumsi vitamin prenatal setiap hari juga tak kalah penting bagi ibu hamil. Salah satu vitamin yang sangat penting untuk dikonsumsi pada awal kehamilan yaitu asam folat. Lantas, apa manfaat asam folat untuk kehamilan. Berikut pembahasannya.

Manfaat Asam Folat Untuk Kehamilan

Selama masa kehamilan, seorang ibu harus memperoleh asupan nutrisi yang baik dan cukup. Sebab, hal tersebut untuk mendukung dan bermanfaat bagi pertumbuhan si jabang bayi di dalam kandungan.

  • Mencegah cacat tabung saraf
  • Mencegah keguguran
  • Menurunkan resiko preeklamsia
  • Mencegah anemia

Itulah mengapa ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat, mulai dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta protein tanpa lemak tiap harinya.

Tak terkecuali asupan asam folat. Asam folat sendiri merupakan bentuk sintesis dari folat, vitamin B khususnya B9 yang ada di sayuran, kacang-kacangan tertentu, serta buah-buahan. Anda bisa menemukan asam folat ini di dalam vitamin juga makanan yang diperkaya, misalnya sereal, roti, dan pasta.

Nutrisi tersebut memiliki peran penting untuk produksi jumlah eritrosit serta membuat tabung saraf pada si bayi agar berkembang sebagai otak juga sumsum pada tulang belakang. Selain berasal dari sumber makanan yang alami, asam folat juga bisa Anda temukan di dalam bentuk suplemen.

Asam Folat Penting Pada Awal Kehamilan

Manfaat asam folat untuk kehamilan memang banyak sekali, sehingga mengkonsumsi asam folat ini dinilai penting terutama pada awal kehamilan. Pada beberapa minggu pertama kehamilan, asam folat berperan dalam membantu saraf embrionik, pendahulu otak dan juga sumsum tulang belakang pada bayi supaya menutup dengan benar.

Nutrisi tersebut juga membantu pembentukan jantung serta sistem peredaran darah sang bayi. Serta untuk meminimalisir risiko bayi akan mengalami cacat lahir tertentu.

Rata-rata cacat lahir berkembang pada beberapa minggu pertama saat kehamilan. Maka dari itu, sangat penting bagi ibu yang sedang hamil untuk memperoleh asupan asam folat yang terpenuhi pada awal kehamilannya.

Asam folat sifatnya larut di dalam air, maka tubuh sang ibu tidak dapat menyimpannya apabila terlalu banyak. Sehingga, vitamin tersebut akan dikeluarkan (dibuang) melalui urine. Ibu hamil harus teratur mengkonsumsi asam folat yang cukup supaya dapat menghindari kekurangan nutrisi selama masa kehamilan.

Berapa Asam Folat yang Dibutuhkan Ibu Hamil?

Pada kehamilan trimester pertama yaitu 1 hingga 3 bulan kehamilan, ibu disarankan untuk mengkonsumsi sejumlah 400 mikrogram asam folat tiap harinya. Akan tetapi, rekomendasi dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention), supaya ibu perlu mulai mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat tiap hari paling tidak sebulan sebelum kehamilan dan juga selama masa kehamilan.

CDC juga menganjurkan supaya seluruh wanita pada masa subur mengkonsumsi asam folat sejumlah 400 mikrogram per harinya.

Pada ibu hamil, disarankan untuk memperoleh asupan asam folat secara alami dari makanan yang bergizi. Sebab, selain asam folat, makan bergizi rata-rata juga memiliki kandungan banyak nutrisi penting lain untuk si bayi, seperti vitamin A, Vitamin C, kalsium, dan serat.

Sedangkan asam folat yang ditemukan dalam vitamin prenatal hanya sebagai penambah nutrisi selama kehamilan saja. Hal tersebut berguna khususnya pada saat ibu merasakan terlampau mula untuk makan. Namun bagaimanapun juga, suplemen dan vitamin dinilai tak dapat menggantikan pola makan yang sehat.

Sumber Makanan Folat Terbaik

Untuk bisa mendapatkan manfaat asam folat untuk kehamilan, ibu hamil perlu mengkonsumsi beberapa menu makanan seperti di bawah ini sebagai sumber asam folat.

Sayuran & Daun Hijau Tua263 ml1 cangkir bayam matang
Alpukat20 ml1 cangkir alpukat iris
Brokoli168 ml1 cangkir brokoli matang cincang
Asparagus268 ml1 cangkir asparagus
Bit136 ml1 cangkir buat bit
Jeruk35 ml3/4 cangkir jeruk

Itulah manfaat asam folat untuk kehamilan dan pentingnya bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi asam folat pada awal kehamilannya. Apabila nutrisi sang ibu terpenuhi maka perkembangan bayi pun akan berlangsung dengan baik tanpa mengalami masalah kesehatan tertentu.

Kategori: Hidup Sehat