Cara Mencegah Penyakit Hipertensi Darah Tinggi

Dipublikasikan oleh POPULAR MASSAGE pada

Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

Hipertensi / di kenal juga dengan darah tinggi merupakan suatu penyakit yang umum terjadi, khususnya pada orang yang sudah lanjut usia. Meskipun hal biasa, namun jika dibiarkan penyakit ini dapat berakibat fatal. Maka dari itu sebaiknya sebelum semua terjadi, ketahui terlebih dahulu cara mencegah penyakit hipertensi.

Banyak orang yang menganggap hipertensi merupakan suatu penyakit yang biasa dan bisa sembuh dengan sendirinya. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah yang tinggi dapat menimbulkan suatu masalah pada organ lainnya jika tidak segera diatasi.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui cara pencegahan darah tinggi, sebaiknya simak artikel ini sampai selesai.

Beginilah Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

Hipertensi tidak hanya bisa menyerang pada orang tua saja. Namun para remaja pun juga tidak menutup kemungkinan akan terserang penyakit ini. Apalagi jika jarang beraktivitas seperti olahraga dan lain-lain.

Tentu saja hal tersebut akan memicu hipertensi. Maka dari itu sebaiknya jangan malas untuk beraktivitas. Ada beberapa cara untuk mencegah datangnya penyakit hipertensi. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Konsumsi makanan sehat dan teratur
  • Melakukan olahraga secara rutin / rajin
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Perbanyak minum air putih
  • Istirahat yang cukup
  • Mengurangi minum kopi
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol

Konsumsi Makanan Sehat

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Menerapkan pola makan sehat dapat mencegah terjadinya hipertensi dan penyakit komplikasi lainnya.

Sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan juga tinggi serat. Selain itu pastikan makanan yang Anda konsumsi rendah lemak dan rendah garam. Karena garam juga dapat memicu terjadinya hipertensi.

Rajin Olahraga

Cara mencegah penyakit hipertensi berikutnya adalah rajin melakukan aktivitas olahraga. Aktivitas olahraga sudah terbukti dapat mencegah darah tinggi. Maka dari itu jangan malas untuk berolahraga. Lakukan olahraga setidaknya seminggu satu kali bagi orang tua.

Sedangkan untuk remaja, bisa melakukan aktivitas olahraga setiap hari di waktu pagi. Jika Anda rajin berolahraga, selain sehat, daya tahan tubuh Anda juga akan lebih kuat. Sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Hindari Rokok

Perlu Anda ketahui bahwa merokok juga dapat memicu naiknya tekanan darah. Bahkan apabila Anda merokok dalam posisi tekanan darah naik akan mengakibatkan resiko penyakit jantung dan juga stroke.

Maka dari itu apabila Anda pecandu rokok, sebaiknya kurang-kurangi bahkan akan lebih baik jika Anda berhenti merokok. Karena hal tersebut dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Perbanyak Minum Air

Seseorang yang kurang minum air tidak hanya menyebabkan dehidrasi saja. Namun juga dapat memicu naiknya tekanan darah.

Selain itu air juga merupakan salah suatu energi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jadi apabila tubuh kekurangan air akan memicu penyakit lainnya. Tidak heran jika memperbanyak minum ini menjadi cara mencegah penyakit hipertensi.

Tidur yang Cukup

Terlalu banyak begadang juga tidak baik untuk kesehatan. Karena dapat memicu naiknya tekanan darah. Selain itu, jika terlalu banyak begadang tubuh akan terasa lemas dan juga terlihat lesu. Maka dari itu sebaiknya tidur secara teratur jika perlu buat jadwal jam tidur agar tidur Anda tetap terjaga.

Tak hanya itu saja tidur tepat waktu juga dapat mencegah penyakit hipertensi. Begitu juga sebaliknya apabila Anda terlalu sering begadang dan tidur tidak teratur justru akan memicu berbagai penyakit kronis bahkan bisa menyebabkan kematian.

Kurangi Minum Kopi

Kopi adalah minuman favorit semua orang. Entah dari kalangan muda maupun tua. Selain itu kopi juga menjadi adat saat sedang berkumpul bersama teman atau kerabat. Hal itu tidak menjadi masalah jika Anda tidak terlalu sering mengkonsumsinya.

Namun jika Anda terlalu sering mengkonsumsi kopi akan berbahaya. Sebab kafein yang terdapat didalamnya dapat memicu tekanan darah tinggi.

Untuk menghindari penyakit tersebut, sebaiknya terapkan cara mencegah penyakit hipertensi / darah tinggi tersebut.