Apakah Pijat Aman Bagi Semua Kalangan? Simak Penjelasan Ini

Dipublikasikan oleh POPULAR MASSAGE pada

Pijat aman untuk semua kalangan

Pijat merupakan salah satu kegiatan untuk memanjakan diri di sela-sela kesibukan Anda. Lantas apakah pijat aman bagi semua kalangan?

Siapa saja dapat melakukan pijat, karena akan mendapatkan banyak manfaat. Namun ada beberapa kondisi kesehatan tertentu yang tidak memperbolehkan untuk melakukan pijat.

Terapi pijat ini menjadi alternatif untuk meredakan penyakit tertentu. Jadi, terapi ini tidak hanya ditujukan untuk memberikan efek relaksasi saja, namun juga untuk meredakan nyeri dan mengatasi stres.

Pijat menjadi alternatif terbaik dengan memberikan tekanan pada anggota tubuh. Terutama pada bagian kulit, otot, urat, dan dengan menggunakan metode atau teknik tertentu.

Anda dapat menemukan terapi pijat di berbagai tempat / panggilan, mulai dari terapis pijat tradisional yang dapat Anda panggil ke rumah, salon, hingga spa.

Apakah Pijat Aman Bagi Semua Kalangan, Ini Penjelasannya

Sebenarnya pijat dapat dilakukan untuk bayi hingga orang dewasa sekalipun. Namun, ada beberapa kondisi kesehatan yang tidak memperbolehkan melakukan pemijatan. Misalnya saja ketika sedang demam, flu, hipertensi, osteoporosis, varises, hingga memiliki gangguan kulit

Kemudian bila Anda sedang cedera juga tidak dianjurkan untuk pijat. Misalnya saja dalam kondisi sedang terluka, cedera, atau sedang menderita asam urat. Maka, hindari pijat refleksi terlebih dahulu agar tidak memperparah keadaan Anda.

Selanjutnya masalah kesehatan pembekuan darah juga sebaiknya menghindari pijat. Hal tersebut supaya darah tidak terhambat atau tidak ada gumpalan.

Pijat Bayi

Pijat bayi memberikan banyak manfaat, jadi bukan hanya sekedar tren saja. Pemijatan bayi ini tidak harus dilakukan oleh tenaga profesional saja. Namun Anda dapat melakukan pemijatan sederhana sendiri di rumah.

Namun, cara memijat bayi ini harus Anda lakukan dengan lembut dan hati-hati. Karena otot dan kulit bayi masih tipis dan sangat sensitif.

Berbeda dengan orang dewasa yang kulit dan ototnya tahan akan tekanan pijat yang keras. Bayi akan mudah cedera dan merasa kesakitan bila dipijat dengan keras. Pijat aman bagi semua kalangan, apakah itu bayi atau dewasa.

Baca Juga: Usia Berapa Bayi Boleh Dipijat? Simak Penjelasaanya Disini

Pijat bayi akan membuatnya merasa lebih tenang dan nyaman. Kemudian pijatan ini akan membuat tubuh buah hati Anda rileks dan membuat tidur lebih nyenyak.

Selain itu, pijat bayi akan membuat sistem pencernaan jadi nyaman dan bayi terhindar dari gangguan pencernaan. Misalnya saja seperti sembelit, perut kembung, mengalami kolik. Bahkan, bayi akan bergerak lebih lancar dan nyaman dengan mendapat pijatan.

Pijat Anak

Pijat untuk anak Tentu saja aman asalkan dilakukan oleh terapis yang ahli di bidangnya. Karena pijat tidak hanya untuk bayi, namun bagi anak-anak juga akan sangat bermanfaat.

Jangan ragu-ragu untuk melanjutkan pijat bayi ini hingga usia 8 tahun. Hal tersebut untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Pemijatan dapat memperlancar peredaran darah dan berpengaruh terhadap sistem daya tahan serta metabolisme tubuh. Pada usia anak-anak, sel otak akan berkembang dan terkoneksi cepat. Maka dari itu, Anda dapat mengoptimalkannya dengan pijat baby and kids.

Stimulasi dan rangsangan melalui pijatan dapat membantu mengoptimalkan kematangan saraf. Bahkan untuk anak berkebutuhan khusus seperti down syndrome, fungsi pijat dapat meningkatkan fungsi motorik.

Pijat Ibu Hamil

Mengutip Health Direct, pijat ketika masa kehamilan boleh dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi stres, meredakan nyeri otot, dan mengurangi pembengkakan pada tangan dan kaki. Namun untuk menghindari terjadinya risiko keguguran, sebaiknya menghindari pijat pada trimester pertama.

Selain itu, ibu hamil yang tidak dianjurkan untuk melakukan pemijatan oleh dokter kandungan maka jangan pijat terlebih dahulu. Kemudian pilihlah terapis yang profesional dan berpengalaman.

Pijat Orang Dewasa / Tua

Terlebih lagi pijat yang di tujukan untuk orang dewasa atau lansia juga sangat di perbolehkan namun dengan tehnik yang harus di sesuaikan kekuatan tekanan dengan kekutan urat, tulang, persendian pasien.

Bahkan banyak dari pada kalangan orang dewasa hingga lansia suka dengan sentuhan pijat, karena memang pijat memberikan sensasi yang nyaman dan rilkas.

Sehat dengan Terapi Pijat

Pijat dapat dilakukan mulai dari usia bayi hingga dewasa. Asalkan dilakukan dengan terapis yang profesional dan berpengalaman.

Apakah pijat aman bagi semua kalangan, tentu saja aman. Pijat yang dilakukan oleh terapi pijat terpercaya dan profesional sangat aman.

Terdapat bermacam-macam terapi pijat yang perlu Anda ketahui. Mulai dari pijat akupresur, pijat Thai, refleksi, hot stone massage, pijat aromaterapi dan masih banyak lagi.

Tips pijat aman dan sehat adalah beritahukan kepada terapis kondisi kesehatan Anda. Kemudian pastikan terapis mempunyai sertifikat dan profesional.

Beritahu tujuan pijat, apakah untuk menangani penyakit tertentu atau sekedar relaksasi. Hal yang tidak kalah penting adalah meminta meringankan pijatan bila terlalu keras serta pastikan minyak atau lotion mengandung bahan aman yang tidak menimbulkan alergi.