9 Jenis Pijat & Manfaatnya Untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Jenis Pijat

Apabila badan Anda terasa sakit setelah beraktivitas, maka dapat mengatasinya dengan pijat. Otot-otot yang tegang akan muncul dengan tekanan pijat, sehingga badan menjadi rileks. Jenis pijat ada bermacam-macam, Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

Ketahui Berbagai Macam Jenis Pijat

Terdapat beberapa jenis pijat untuk relaksasi dan mengurangi ketegangan. Misalnya saja secara tradisional dengan aspek promotif dan preventif. Sementara dalam ilmu kedokteran modern akan lebih mengarah para rehabilitatif dan kuratif. Berikut jenis pemijatan paling efektif untuk mengatasi badan sakit.

Bacaan Lainnya

Pijat Refleksi

Pijat Refleksi

Pijat refleksi pada lebih didasarkan pada bagian titik-titik kaki. Sehingga dapat merangsang semua bagian tubuh. Selanjutnya akan membawa perubahan fisiologis secara keseluruhan.

Kaki dan tangan merupakan bagian dari tubuh yang mempunyai titik-titik akupuntur. Keduanya terhubung dengan bagian tubuh lainnya.

Apabila menekan satu titik pada kaki, maka sistem saraf secara otomatis akan memproduksi hormon endorfin atau kebahagiaan. Kelebihan pijat refleksi akan terasa lebih rileks dan tubuh tidak terasa sakit. Bahkan pijat refleksi dapat meningkatkan daya ingat, melancarkan sirkulasi, dan mengurangi nyeri.

Jika Anda memiliki kecenderungan lebih sensitif atau mudah merasa geli pada bagian tubuh tertentu bila orang lain menyentuh. Maka jenis pijat ini sangat cocok, karena hanya berfokus pada bagian kaki saja. Jadi, tidak memijat secara menyeluruh pada seluruh bagian tubuh.

Hot Stone Massage

Pijat Batu Panas

Pijat ini berasal dari India dan lebih dikenal sebagai Kerala atau jika di indonesia lebih di kenal dengan pijat batu panas. Pijat ini menjadi solusi terbaik ketika sebagian besar tubuh kita terasa nyeri akibat otot tegang atau kaku.

Pada umumnya, jenis pijat yang satu ini menggunakan batu khusus yang dipanaskan terlebih dahulu. Kemudian ditempatkan di titik-titik tekanan untuk mengurangi rasa sakit.

Suhu panas pada batu akan membantu mengurangi otot yang tegang dan meningkatkan aliran darah. Ternyata batu panas ini tidak hanya ditempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit saja

Anda dapat menggenggam batu panas tersebut sebagai terapis. Dengan begitu, secara maksimal suhu panas dari batu akan menjalar ke seluruh tubuh.

Akan tetapi jika Anda penderita hipertensi, diabetes, jantung, dan varises, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan pijat batu panas ini. Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk memastikan kondisi kesehatan baik.

Swedish Massage

Swedish Massage

Jenis pijat terapi asal Swedia ini menggunakan teknik gerakan memijat panjang kemudian melingkar. Setelah itu, menekan sendi pada seluruh tubuh.

Gerakan tangan yang khas saat pemijatan adalah meremas. Selain itu, dapat menggunakan tinjuan ringan untuk menghilangkan rasa sakit.

Pijat Swedia sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali mencoba pijat karena nyeri tubuh ringan. Otot-otot yang tegang akan segera kendur dan bila mengalami cedera akan segera pulih.

Terapis biasanya akan meminta Anda untuk melepaskan baju sebelum pemijatan dimulai. Kemudian menutup tubuh bagian tubuh menggunakan kain yang telah disediakan.

Aromatherapy Massage

Aromatherapy Massage

Sesuai dengan namanya, jenis pijat ini memakai minyak aroma seperti minyak esensial yang berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Kemudian membalurkannya ke seluruh tubuh saat dipijat. Selain minyak esensial, dapat menggunakan jenis minyak lavender yang dipercaya bisa membuat tidur lebih pulas.

Selain itu, jenis pemijatan yang satu ini dengan menekankan prinsip yang begitu simpel. Cukup dengan merangsang indera yang ada di tubuh. Untuk mengurangi otot yang tegang dan menyegarkan suasana, berbagai minyak aromatik dengan aroma yang berbeda-beda digunakan.

Anda dapat menghirup aroma minyak esensial menggunakan bantuan diffuser yang tersedia di dalam ruangan pijat atau spa. Jadi, tidak hanya dibalurkan pada tubuh saja.

Jenis pijat ini tiap sesinya biasanya akan membutuhkan waktu 60 menit hingga 90 menit.

Deep Tissue Massage

Deep Tissue Massage

Bagi Anda yang baru sembuh dari cedera dapat menggunakan teknik gesekan pada deep tissue massage untuk menghilangkan rasa sakit. Pemijatan dilakukan pada bagian kulit. Akan tetapi, menargetkan lapisan dalam dari jaringan yang berada di bawahnya. Sehingga cenderung menggunakan lebih banyak tekanan pada tubuh.

Teknik pemijatan perlahan, akan tetapi sangat mendalam hingga menyentuh lapisan otot paling dalam dan jaringan ikat.

Bagi Anda yang mengalami masalah otot kronis seperti carpal tunnel syndrome, osteoporosis, nyeri otot, cedera, dan masalah postur tubuh cocok menggunakan teknik pijat yang satu ini. Namun jangan merasa takut, cara ini sangat aman dan saat dipijat tidak akan membuat Anda kesakitan.

Thai Massage

Thai Massage

Pada umumnya, jenis pijat Thai massage menggunakan jari-jari dan batu hitam yang runcing. Kemudian menekankan pada titik-titik tekanan di tubuh.

Prinsip yang digunakan adalah untuk menyelaraskan semua energi yang terdapat pada tubuh. Kelebihan Thai massage dapat meremajakan tubuh karena terdapat banyak peregangan saat pemijatan.

Pijat Thai terbilang unik karena memadukan antara terapi pijat dengan yoga. Bersama terapis, Anda dapat menerima tekanan di sepanjang garis energi tubuh.

Anda dapat memilih berbagai posisi pijat yang paling nyaman. Misalnya saja dengan duduk, miring ke kanan atau kiri, membungkuk, membusungkan dada, atau posisi peregangan yang lain.

Lebih hebatnya lagi, pijat Thai ini terbukti dapat mengobati gejala migrain dan masalah keseimbangan.

Sport Massage

Pijat Olahraga

Cedera saat olahraga bisa saja terjadi, pijat yang paling cocok adalah sport massage. Pijat olahraga mampu mengatasi cedera yang berulang sehingga proses pemulihannya lebih cepat.

Selain itu dapat meningkatkan fleksibilitas, daya tahan tubuh, mengurangi ketegangan otot, dan menghindari stres serta kecemasan.

Pijat Shiatsu

Pijat Shiatsu

Berbeda dengan jenis pijat yang lain, shiatsu menggunakan jari jemari, tangan, dan siku saat proses memijat. Dengan cara ini, titik-titik akupresur pada tubuh akan mendapat stimulasi. Alhasil, akan meningkatkan aliran energi dan mengembalikan kesimbangan pada tubuh.

Selain dapat membantu mengurangi stres, pijat shiatsu dapat melindungi tubuh Anda dari berbagai masalah kesehatan. Antara lain insomnia, nyeri punggung dan leher, sakit panggul, sinus, dan arthritis. Lebih praktisnya lagi, saat melakukan pijat ini Anda tidak perlu membuka baju.

Pijat Prenatal

Pijat Prenatal Untuk Ibu Hamil

Siapa bilang saat hamil tidak boleh melakukan pemijatan. Anda bisa pijat ketika sedang hamil, namun dengan catatan melakukannya bersama terapis khusus dan telah mengantongi lisensi pijat prenatal. Pasalnya, pijat ini mampu meringankan nyeri tubuh, kaki bengkak, dan ketegangan otot. Bahkan bisa mengurangi stres ketika sedang hamil.

Hampir mirip dengan pijat Swedia, tekanan pemijatan pada ibu hamil cenderung lembut. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan membahayakan bayi dalam kandungan.

Biasanya terapis yang dilakukan pada bagian punggung bawah, pinggul, dan kaki. Meskipun terbilang aman, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk melakukan jenis pijat yang satu ini.

Terapi pijat memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Pilih jenis pijat yang sesuai untuk melepaskan ketegangan dan stres, sebaiknya lakukan bersama terapis terlatih. Apabila keluhan tak kunjung membaik, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pos terkait