Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Pijat Bayi Yang Baik Dan Benar

Cara Pijat Bayi

Memijat tubuh bayi memiliki manfaat yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Disamping itu, pijatan hangat dari tangan ibu juga membuat anak lebih rileks. Jika anda ingin melakukan pemijatan sendiri, maka perlu mengetahui cara - cara pijat bayi yang baik dan benar.

Seperti yang diketahui bahwa pijat bayi tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, hal tersebut bisa mengganggu kesehatan bayi. Ketika melakukan pemijatan, maka anda harus memijatnya dengan lembut.

Bahkan anda bisa sambil melakukan interaksi dengan si kecil. Misalnya diajak berbicara ataupun bernyanyi. Dengan begitu, tubuh bayi bisa menunjukkan reflek yang sesuai dengan pertumbuhannya. Selain itu, ikatan ibu dan anak juga bisa terjalin erat.

Bagaimana Cara Pijat Bayi yang Baik dan Benar?

Pemijatan pada bayi saat ini semakin populer apalagi dengan adanya istilah baby spa. Para ibu mulai belajar bagaimana caranya memijat bayinya agar lebih rileks. Rangkaian pemijatan bayi tentunya harus dilakukan selembut dan sebaik mungkin. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sang bunda ketika ingin memijat bayinya.

Misalnya bagian tubuh yang tidak boleh dipijat karena memiliki resiko pada kesehatan. Tidak hanya itu saja, cara pijat bayi yang salah justru akan menimbulkan efek samping pada anak. Agar hal tersebut tidak terjadi pada bayi anda, simak tata cara memijat bayi yang benar berikut ini.

1. Cara Memijat Wajah Bayi

Ketika anda ingin memijat wajah bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah tangan anda sudah bersih dari kuman. Kemudian lanjutkan dengan beberapa gerakan yang bisa anda lakukan.

Seperti gerakan memijat dari bagian tengah dahi melebar ke samping. Pastikan anda memijat dengan lembut dan tidak terlalu menekan secara berlebihan. Kemudian memijat daerah alis ke bagian luar. Anda juga bisa memijat bagian bawah bibir mengarah ke samping.

Gerakan-gerakan tersebut bisa anda lakukan dengan durasi 4 sampai 6 kali. Selain itu, cara pijat bayi di area wajah juga bisa dilakukan di bagian atas bibir yakni diantara bawah hidung dan atas bibir. Pemijatan tersebut sangat cocok untuk bayi yang giginya akan tumbuh.

2. Cara Memijat Bayi Bagian Dada

Selanjutnya adalah bagian dada yang juga harus dipijat dengan lembut. Cara memijat bayi agar tidak rewel ketika sudah sampai bagian dada adalah dengan mengajaknya berkomunikasi. Dengan begitu, bayi akan memiliki refleks untuk berkomunikasi.

Selain itu, anda harus memastikan bahwa ruangan tidak terlalu dingin untuk bayi. Ketika melakukan pemijatan pada bagian dada bayi, ada dua teknik yang bisa digunakan. Pertama adalah teknik Butterfly, para ibu bisa memijat dari bagian tengah dada kemudian mengarah ke bahu.

Kemudian kembali lagi ke bagian tengah dada. Ulangi teknik pemijatan ini dengan lembut. Pastikan bayi tidak rewel ataupun menangis ketika dipijat. Teknik kedua adalah mengusap secara diagonal pada area bahu kanan bayi dan dilakukan menyilang.

3. Cara Memijat Bayi Bagian Perut

Setelah selesai memijat bagian dada, anda bisa beralih ke bagian perut. Cara pijat bagian perut juga memiliki beberapa teknik. Pastikan anda menggunakan baby oil atau lotion ketika melakukan pemijatan.

Gerakan yang pertama adalah pijat menggunakan punggung tangan bagian dalam dari arah perut atas ke perut bawah. Lakukan pemijatan dengan lembut dan jangan terlalu menekan. Kemudian gerakan lingkaran searah jarum jam atau teknik Sun and Moon.

Gerakan ini dimulai dari tangan kanan memijat setengah lingkaran kemudian dilanjutkan dengan tangan kiri. Selanjutnya adalah gerakan di mana tangan kanan diletakkan di bagian kiri perut. Pijat bagian tersebut dengan lembut lalu geser ke arah kanan.

Cara pijat bayi bagian perut yang selanjutnya adalah dengan menekuk lutut bayi ke arah perut. Gerakan ini tidak boleh terlalu keras apalagi memaksa bayi menekuk lututnya. Anda bisa melakukan gerakan ini secara rileks pada bayi.

Kemudian beralih ke bagian punggung bayi. Anda bisa memijat bagian punggung dari arah atas kemudian ke bawah. Pijat dari bagian tengkuk ke bawah secara lembut dan perlahan

4. Cara Memijat Bayi Bagian Tangan dan Kaki

Anggota tubuh lainnya yang perlu anda pijat adalah bagian tangan bayi. Pada bagian ini, ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan seperti memijat dari pangkal lengan ke pergelangan tangan dan sebaliknya. Lalu gerakan memutar dan memijat dari pangkal lengan ke bagian pergelangan tangan.

Selanjutnya adalah gerakan memijat dari arah pergelangan tangan ke bagian jari-jari bayi. Anda juga bisa menggoyang-goyangkan jari bayi kemudian menekuk kedua tangan ke arah dada.

Cara pijat bayi selanjutnya adalah bagian kaki. Gerakan yang dilakukan tidak jauh berbeda ketika memijat bagian tangan. Anda bisa memijat dari pangkal kaki hingga pergelangan. Lakukan gerakan tersebut di kedua kaki bayi.

Kemudian gerakan memutar sembari memijat kaki bayi dari pangkal hingga ke pergelangan kakinya. Setelah itu, pijat bagian punggung jari kaki sebelah kanan secara lembut. Lakukan juga gerakan tersebut di punggung kaki sebelah kiri.

Baca Juga: Pijat Refleksi Untuk Anak

Setelah memijat hingga ke bagian kaki maka proses pemijatan bayi sudah selesai. Agar lebih maksimal, anda bisa memijat bayi ketika dalam kondisi terjaga dan tenang. Cara pijat bayi diatas bisa menjadi referensi para ibu jika ingin melakukan pemijatan sendiri di rumah.