Skip to main content

7 Daftar Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Seperti yang kita ketahui, lemak atau fat ada yang baik [bagus] dan ada yang jahat. Artinya, tidak semua makanan berlemak tidak bagus untuk kesehatan.

Faktanya, banyak makanan tinggi lemak yang justru bagus untuk kesehatan. Berikut daftar makanan dengan kandungan lemak tinggi namun dianjurkan oleh ahli kesehatan.

1. Buah Alpukat

Di dalam buah alpukat, terdapat kandungan lemak yang tinggi. Kandungannya bahkan mencapai 70%, yang disebut oleic acid. Kandungan lemaknya terbukti sangat bagus sekali untuk kesehatan jantung. Selain itu, juga dapat meringankan gejala osteoarthritis.

Alpukat juga merupakan jenis buah yang kaya akan serat dan kalium. Buah ini terbukti bisa menurunkan kadar lemak jahat pada tubuh kita. Selain itu, manfaat lain dari buah alpukat yaitu mampu meningkatkan kadar lemak yang baik di dalam tubuh kita.

Alpukat adalah buah yang banyak direkomendasikan. Mengonsumsinya setiap hari, dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan secara optimal.

2. Kacang-Kacangan

Di dalam kacang-kacangan, umumnya terkandung omega 3 yang bagus untuk tubuh kita. Selain itu, cemilan ini juga bagus sekali untuk mengatur mood kita sehari-hari. Salah satu jenis kacang yang mengandung lemak baik yaitu kacang kenari. Jenis kacang tersebut, juga bagus untuk kesehatan jantung.

Selain itu, berbagai jenis kacang-kacangan, juga kaya akan magnesium dan vitamin E. Menurut penelitian, jika seseorang rutin mengonsumsinya, maka akan cenderung sehat, mencegah penyakit jantung, mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan mencegah obesitas.

Namun, meskipun bagus untuk tubuh dan kesehatan, alangkah baiknya Anda tidak berlebihan saat mengonsumsinya.

3. Makanan dengan Kandungan Omega-3

Makanan berlemak tinggi berikutnya yang bagus untuk kesehatan yaitu yang mengandung omega-3. Ada banyak jenis makanan tersebut, contohnya seperti telur, roti, dan susu. Telur adalah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Makanan seperti telur, justru mengandung fat yang menyehatkan. Kandungan omega-3 yang ada di dalam telur dan makanan lainnya, bahkan lebih bagus dibandingkan omega-3 pada suplemen.

4. Biji-Bijian

Selain kacang-kacangan, biji-bijian juga termasuk ke dalam makanan berlemak yang bagus untuk kesehatan. Beberapa contohnya seperti biji bunga matahari, biji labu, hingga biji wijen. Biji-bijian tersebut, memiliki kandungan lemak yang bagus untuk mengurangi kadar kolesterol.

Biji-bijian adalah makanan berlemak yang sehat. Menurut penelitian, lemak baik yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan, bahkan lebih baik dibandingkan yang berasal dari hewan. Di lain sisi, kandungan lemak pada hewan justru kebanyakan lemak yang jahat.

Produk cemilan biji-bijian bisa kita temukan di supermarket, atau toko-toko makanan. Biasanya biji-bijian diolah menjadi sebuah cemilan yang dijual bebas di pasaran. Jika Anda sering membelinya, perhatikan kandungan yang tertera pada label produk. Perhatikan juga jenis dan berapa banyak kandungan lemaknya.

5. Ikan

Daging ikan dikenal sangat bagus untuk kesehatan. Bahkan, beberapa jenis ikan seperti salmon, herring, sarden, tuna, dan makarel, termasuk pada makanan berlemak bagus. Di dalam kandungan ikan-ikan tersebut, terdapat omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung kita.

Ikan adalah jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh.  Omega-3 yang terdapat pada ikan, juga bagus untuk menjaga fungsi otak. Mengonsumsi ikan, sangat direkomendasikan untuk semua usia, khususnya untuk Anda yang sudah tidak lagi muda.

American Heart Association, sangat menyarankan kita untuk mengonsumsi dua porsi ikan per satu minggu. Ukurannya kira-kira 80 gram. Tujuannya yaitu untuk membantu meningkatkan kesehatan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mencegah demensia.

Selain itu, perhatikan juga cara mengolahnya. Alangkah baiknya Anda mengolah ikan dengan cara direbus atau dipanggang. Kedua cara ini, bagus untuk menghasilkan jenis olahan ikan yang sehat.

6. Minyak Zaitun

Saat ini, minyak zaitun sudah banyak digunakan untuk membuat olahan makanan. Kandungan lemak pada minyak zaitun, sangat bagus untuk kesehatan. Kandungan tersebut, bahkan mampu memperbaiki keseimbangan kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, di dalam minyak zaitun juga terkandung vitamin E, K, dan antioksidan. Bahkan, kandungan antioksidannya, diklaim mampu menekan inflamasi. Namun, meski bagus untuk kesehatan, sebaiknya gunakanlah minyak zaitun secukupnya.

Artinya, minyak zaitun bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengganti minyak trans. Anda bisa menggunakannya untuk olahan-olahan makanan sehari-hari, atau makanan spesial di rumah. Namun, tetap perhatikan penggunaannya agar jangan sampai melewati batas.

7. Sayur Bayam dan Kubis

Siapa sangka, ternyata bayam dan kubis termasuk ke dalam jenis makanan yang mengandung lemak. Namun, kandungan fat di dalamnya, merupakan jenis yang bagus untuk kesehatan. Kedua sayuran ini, kaya akan omega-3.

Mengganti konsumsi makanan berlemak jenuh dengan sayuran adalah ide yang sangat bagus. Kedua jenis sayuran ini, bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Selain omega-3, bayam dan kubis juga kaya akan nutrisi.

Makanan Berlemak yang Bagus untuk Berat Badan

Makanan dengan kandungan fat yang tinggi, umumnya dihindari oleh seseorang yang sedang diet. Namun ternyata, jenis lemak yang baik justru sangat bagus untuk program diet Anda. Beberapa makanan tersebut yaitu seperti:

  • Ikan sarden
  • Ikan tuna
  • Ikan salmon
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan
  • Alpukat

Semua makanan di atas bisa Anda konsumsi secara rutin. Dengan mengonsumsinya, berat badan kita akan terkontrol. Bahkan, jika dikonsumsi oleh orang yang menjaga kalori, efeknya sangat bagus untuk penurunan berat badan yang optimal.

Meski begitu, tetap perhatikan dalam mengonsumsinya. Meski bagus, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Asupan lemak tak jenuh yang direkomendasikan untuk orang dewasa, hanya sekitar 50 hingga 65 gram saja per hari.

Makanan Berlemak yang Bagus untuk Jantung

Berbanding terbalik dengan lemak jahat, lemak yang baik justru sangat bagus sekali untuk jantung kita. Jenis fat yang bagus untuk kesehatan jantung yaitu lemak tidak jenuh atau unsaturated fat.

Kandungan tersebut, bisa kita dapatkan dari berbagai jenis makanan berikut:

  • Ikan yang kaya akan kandungan omega-3
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan
  • Minyak jagung
  • Minyak zaitun
  • Alpukat

Lemak tidak jenuh sendiri, terbagi ke dalam dua bagian, yaitu jenis tunggal dan ganda. Cara kerjanya pada jantung yaitu membantu menjaga arteri kita agar tetap bersih. Selain itu, kandungan ini juga mampu menghasilkan kolesterol yang baik, atau HDL. Unsaturated fat, juga bagus untuk mengurangi kolesterol jahat atau LDL.

Untuk menurunkan risiko penyakit jantung, konsumsilah lemak tidak jenuh secara rutin. Selain itu, mengonsumsinya setiap hari juga sangat dianjurkan untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Kesimpulan

Tidak semua fat buruk untuk kesehatan. Karena, pada dasarnya kandungan lemak ini terbagi ke dalam dua bagian, yaitu lemak jahat dan baik. Nah, lemak baik ini, memiliki manfaat yang sangat bagus sekali untuk kesehatan. Bahkan, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Demikian informasi seputar daftar makanan berlemak yang bagus untuk kesehatan. Yuk, mulai hidup sehat dengan menghindari lemak jahat, dan mengutamakan lemak baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Info: Konten yang ada di dalam blog ini murni tulisan dari time PopularMassage.Net - sangat tidak di perkenankan bila melakukan copy paste terhadap isi artikel yang ada di dalam blog ini.

Comment: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar