Skip to main content

Mengenal Berbagai Fungsi dan Jenis Lemak

Lemak atau fat adalah salah satu kandungan yang banyak dihindari. Namun ternyata, dibalik efek negatif yang ada di dalamnya, juga terdapat efek positifnya, lho. Makanan berlemak dikenal memiliki efek negatif. Namun, ternyata memiliki banyak fungsi dan jenisnya. Ingin tahu apa saja fungsi dan jenisnya? Berikut ulasannya.

Jenis Lemak yang Jarang Diketahui

Fat yang terkandung di dalam makanan berlemak, ternyata memiliki beberapa jenis. Pada dasarnya, jenisnya terbagi ke dalam dua bagian, yaitu lemak yang baik dan yang jahat. Nah, berikut jenis-jenis yang wajib Anda ketahui:

Lemak Trans

Lemak trans merupakan jenis fat yang tidak sehat. Biasanya terkandung pada makanan berlemak yang tidak bagus untuk kesehatan. Jenis yang satu ini bisa meningkatkan kadar LDL dalam tubuh.

Jika terlalu banyak mengonsumsinya, maka bisa menyebabkan diabetes, gangguan jantung, hingga stroke. Jenis lemak yang tidak baik untuk kesehatan jantung ini, biasanya terdapat pada biskuit, kentang goreng, pizza, donat, bahkan popcorn.

Lemak Jenuh

Kandungan fat ini sebaiknya Anda hindari. Karena, dapat meningkatkan kolesterol yang jahat pada tubuh kita. Kandungan lemak yang satu ini, biasanya akan berubah bentuknya menjadi padat. Atau, bisa membeku jika disimpan dalam suhu ruang biasa.

Jenis lemak yang dapat meningkatkan kolesterol ini, biasanya terdapat pada susu, keju, kulit ayam, telur, mentega, hingga jenis daging merah.

Lemak Tak Jenuh Tunggal

Berbeda dari jenis-jenis sebelumnya, kandungan ini bagus untuk kesehatan. Fungsi / manfaat lemak tak jenuh sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Lemak tak jenuh tunggal, juga dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan menjaga tingkat kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh.

Kandungannya bisa ditemukan pada beberapa makanan seperti alpukat, hazelnut, almond, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Lemak Tak Jenuh Ganda

Sama seperti lemak tak jenuh tunggal, kandungan ini juga mampu menurunkan kadar LDL dalam tubuh kita. Omega 3 dan juga omega 6, masuk ke dalam jenis kandungan fat ini.

Makanan berlemak yang umumnya terdapat kandungan ini, di antaranya seperti buah kenari, salmon, biji lenan, dan lainnya.

Fungsi Lemak Bagi Tubuh

Dari informasi di atas, kini Anda sudah mengenal jenis-jenis lemak yang terbagi ke dalam dua jenis, yaitu yang baik dan yang buruk. Di lain sisi, ternyata fungsinya cukup luas. Nah, berikut penjelasan seputar fungsi lemak bagi tubuh yang masih jarang sekali diketahui:

1. Sebagai Komponen Struktural

Ternyata, ada sel-sel di dalam tubuh yang dibentuk oleh lemak. Di sekitar sel-sel pada tubuh kita, terdapat sebuah selaput. Fungsi dari selaput tersebut yaitu mengendalikan pergerakan zat yang masuk dan keluar dari sel. Selain itu, fungsi lainnya yaitu memisahkan bagian dalam dari luar sel.

Singkatnya, kandungan ini dapat memengaruhi berbagai fungsi biologis yang ada di dalam tubuh kita. Khususnya yang berkaitan dengan sel. Pasalnya, asam lemak tak jenuh maupun asam lemak rantai pendek tidak kental, sehingga membuat membran menjadi fleksibel.

2. Berfungsi Sebagai Pengatur Suhu Tubuh

Kandungan lemak di dalam tubuh kita, nantinya akan disimpan dalam sebuah jaringan yang dikenal dengan nama adiposa. Nantinya, kandungan ini bisa membantu kita untuk mempertahankan suhu tubuh.

Cadangan lemak yang terdapat di dalam tubuh, nantinya akan digunakan sebagai insulator terhadap panas maupun dingin yang ekstrem. Dengan begitu, suhu tubuh kita akan terlindungi. Di lain sisi, fungsinya pun merangkap sebagai pelindung saraf dari kerusakan.

3. Sebagai Sumber Cadangan Energi

Selain karbohidrat dan protein, ternyata kandungan yang satu ini bisa menjadi sumber energi untuk tubuh. Pasalnya, fat akan disimpan di dalam sebuah jaringan, yang kemudian dilepaskan saat tubuh kita membutuhkan energi.

Bahkan, kandungannya merupakan sumber energi yang tergolong sangat efektif. Pasalnya, dibandingkan karbohidrat, kandungan ini dinilai dua kali lebih efektif sebagai sumber energi. Namun, jika tubuh masih memiliki karbohidrat yang cukup, fat tidak akan digunakan sebagai sumber energi utama tubuh.

4. Sebagai Pembawa Vitamin

Fat ternyata memiliki fungsi untuk membawa beberapa jenis vitamin seperti A, D, E, dan K. Jenis-jenis vitamin tersebut, merupakan kandungan yang bisa larut di dalam lemak. Selain itu, fungsi lainnya adalah membantu penyerapan vitamin-vitamin tersebut dalam tubuh kita.

Menurut Healthy Eating, vitamin-vitamin yang bisa larut di dalam fat, merupakan beberapa jenis vitamin harian yang sangat bagus untuk kesehatan. Vitamin A bagus untuk mata, vitamin D berfungsi untuk menjaga tulang, vitamin E mampu melindungi sel dan menetralkan radikal bebas, dan vitamin K untuk pembekuan darah.

5. Berfungsi untuk Meningkatkan Kesehatan Optimal

Seperti yang kita ketahui, beberapa jenis fat sangat bagus untuk tubuh. Misalnya seperti omega 3 yang berfungsi untuk melindungi tubuh kita. Kandungan omega 3, dapat membantu relaksasi dan kontraksi dinding arteri. Itulah kenapa, omega 3, bagus untuk mencegah stroke dan penyakit jantung.

Sederhananya, kandungan lemak yang baik, berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita.

6. Melindungi Organ Tubuh

Kandungan lemak di dalam tubuh, juga dapat membangun sel dan juga memproduksi hormon. Dengan begitu, tubuh kita bisa berfungsi dengan baik. Dalam arti lain, fungsinya bisa membantu melindungi organ tubuh kita dari kerusakan.

7. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Banyak jenis makanan berlemak yang dihindari karena tidak bagus untuk kesehatan kulit. Namun, tidak demikian halnya untuk jenis yang satu ini, karena bagus untuk tubuh kita. Karena, fungsinya bisa menyehatkan kulit dan juga rambut.

8. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Seorang praktisi kesehatan asal Amerika, Emily Murray mengatakan, lemak yang baik ternyata bagus untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Penyakit tersebut berpotensi pada gangguan jantung atau penyakit jantung.

Sampai saat ini, belum ada obat khusus yang bisa digunakan untuk mengurangi penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular. Namun, bisa kita cegah, salah satunya dengan kandungan lemak yang baik.

9. Bagus untuk Kesehatan Hati

Ternyata, lemak jenuh dalam tubuh kita, memiliki fungsi untuk mendorong sel-sel hati untuk membuang lemak yang tidak kita perlukan. Dengan begitu, hati kita akan bersih dari lemak-lemak yang tidak penting dan tidak dibutuhkan.

Tugasnya ini, bahkan masih berkaitan juga dengan kesehatan jantung dan hati. Di lain sisi, lemak yang baik juga bagus untuk melindungi hati kita dari efek samping racun yang ada pada alkohol.

10. Bagus untuk Menguatkan Tulang

Kalsium ternyata bisa berkolaborasi dengan lemak jenuh dalam tubuh kita. Keduanya akan berasimilasi dengan baik di dalam tubuh kita. Menurut penelitian, wanita yang tidak mengonsumsi lemak jenuh, umumnya memiliki kepadatan tulang yang rendah. Bahkan, cenderung lebih mengembangkan osteoporosis.

Demikian beragam jenis dan fungsi lemak untuk tubuh kita. Kesimpulannya, tidak semua makanan berlemak itu jelek untuk tubuh kita. Beberapa makanan tinggi lemak yang baik, justru sangat dianjurkan karena bagus untuk kesehatan. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda terkait dunia kesehatan.

Info: Konten yang ada di dalam blog ini murni tulisan dari time PopularMassage.Net - sangat tidak di perkenankan bila melakukan copy paste terhadap isi artikel yang ada di dalam blog ini.

Comment: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar