Skip to main content

Titik Pijat Refleksi Untuk Menyembuhkan Batuk

Anda mengalami gangguan batuk dalam waktu berhari-hari? Atau mungkin batuk yang membuat dada menjadi sakit? Solusinya tidak hanya mengonsumsi obat kimia, tetapi melakukan pijat. Ada beberapa titik refleksi batuk pada tubuh.

Dengan melakukan pijat, maka tubuh juga akan menjadi rileks. Sebagai catatan, pijat yang anda lakukan harus sesuai dengan aturan. Selain itu, proses pijat juga harus dilakukan oleh ahlinya. Hal ini bisa menjadi solusi jika anda tidak bisa memijat sendiri.

Batuk merupakan gangguan atau penyakit yang terjadi karena adanya virus maupun kotoran pada tenggorokan. Biasanya virus atau kotoran tersebut ikut terhirup oleh oksigen. Bisa juga ikut terbawa masuk oleh makanan.

Dimanakah Titik Refleksi Batuk pada Tubuh?

Batuk bukanlah hal yang asing lagi bagi manusia. Siapa saja bisa mengalami batuk dengan penyebab yang berbeda-beda. Bayi hingga orang dewasa bahkan lansia bisa mengalami batuk.

Ketika anda tidak sengaja menghirup asap rokok atau debu, maka bisa saja mengalami batuk. Kemudian minum-minuman yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, maka juga bisa menyebabkan batuk.

Salah satu solusi untuk mengatasi batuk adalah melakukan pijat refleksi. Cara yang satu ini sudah tidak asing lagi. Bahkan seringkali menjadi cara alternatif banyak orang. Ada beberapa titik refleksi batuk yang terdapat pada tubuh.

Mulai dari tangan, kaki, hingga titik akupuntur. Orang yang sudah ahli dalam memijat atau refleksi pastinya paham mengenai titik-titik tersebut. Batuk terkadang terjadi dalam jangka waktu lama.

Hal ini sudah pasti mengganggu aktivitas dan kinerja sehari-hari. Terlebih lagi biasanya batuk disertai dengan rasa sakit lainnya. Seperti bersin-bersin, flu atau pilek, demam, bahkan sakit kepala.

Untuk jenis batuk sendiri dibagi menjadi dua jenis, yakni batuk kering dan batuk basah. Keduanya memiliki inti yang sama, namun untuk batuk basah memiliki dahak untuk dikeluarkan.

Mengenal Titik Refleksi Batuk

Ada beberapa titik pijat batuk yang mungkin bisa anda gunakan. Selain itu, titik pijat ini tidak hanya digunakan untuk menyembuhkan batuk. Tetapi juga bisa menyembuhkan asma, batuk pilek, dan yang lainnya.

Titik pijat batuk pilek hampir sama dengan refleksi batuk. Ada tiga bagian titik refleksi untuk menyembuhkan batuk dan sejenisnya. Telapak kaki, telapak tangan, hingga titik akupuntur pada tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Titik Pijat Refleksi pada Bagian Kaki

Untuk yang pertama adalah bagian kaki, lebih tepatnya pada telapak kaki. Penyembuhan batuk yang berlangsung selama berhari-hari bisa anda sembuhkan dengan memijat telapak kaki. Berikut ini detailnya beserta gambar nya.

  1. Titik pertama adalah titik untuk merefleksi bagian paru-paru sebelah kanan. Pada titik ini anda bisa memijat secara perlahan menggunakan jemari tangan.
  2. Titik kedua merupakan kebalikan dari titik pertama. Titik kedua menjangkau paru-paru bagian kanan. Sebenarnya titiknya sama, namun berbeda pada telapak kaki kanan dan kiri saja.
  3. Selanjutnya adalah titik ketiga pada telapak kaki kanan ataupun kaki kiri. Titik ini berada diantara bagian ibu jari dan telunjuk kaki bagian bawah. Pada sela-sela jari tersebut, anda bisa memijatnya untuk refleksi dada.
  4. Kemudian titik ketiga yang berada diantara jari tengah dan jari manis telapak kaki. Anda bisa memijatnya untuk refleksi tenggorokan ketika batuk.

Beberapa titik refleksi batuk tersebut bisa anda pijat secara perlahan menggunakan jari tangan. Apabila kurang yakin, maka anda bisa menggunakan jasa pijat dengan terapis yang handal. Anda akan menerima mafaat titik pijat refleksi bagian kaki dengan secara maksimal.

Titik Pijat Refleksi pada Telapak Tangan

Pemijatan pada bagian kaki bisa anda sempurnakan dengan memijat bagian telapak tangan. Titik refleksi untuk menyembuhkan batuk juga terdapat pada bagian telapak tangan.

Terkadang telapak tangan terasa nyeri. Bukan karena pegal, tetapi karena ada ikatan antara titik pijat refleksi batuk. Berikut beberapa titik pijat refleksi tangan untuk batuk beserta gambar.

  1. Titik pertama yang berada diantara jari telunjuk dan jari tengah merupakan refleksi tenggorokan.
  2. Sedangkan titik kedua berada dibawah bagian ibu jari agak samping. Ini merupakan refleksi untuk meredakan batuk.
  3. Titik ketiga berada diantara jari manis dan jari tengah. Titik tersebut bisa anda pijat pada bagian punggung tangan. Sela jari manis dan tengah merupakan titik pijat tenggorokan.
  4. Titik keempat berada di bawah titik ketiga. Jaraknya tidak terlalu jauh sehingga anda bisa memijatnya sekaligus. Titik ini merupakan refleksi dari dada.

Beberapa titik refleksi batuk pada bagian telapak tangan bisa anda pijat setelah bagian telapak kaki. Untuk meredakan batuk anak saat tidur juga bisa anda lakukan dengan memijat beberapa titik tersebut.

Titik Akupresur pada Tubuh Untuk Mengobati Batuk

Tidak hanya bagian telapak tangan dan telapak kaki saja, pada bagian tubuh juga terdapat titik akupresur. Tujuan dari pemijatan titik akupresur adalah meredakan batuk yang diderita. Berikut ini beberapa titik akupresur pada tubuh yang perlu anda ketahui.

  1. Titik yang pertama menurut gambar diatas berada pada bagian bawah tenggorokan. Tepatnya pada bagian cekungan antara dua tulang iga atas. Pada bagian ini terdapat syaraf yang dapat anda pijat untuk meredakan batuk.
  2. Titik kedua berada pada bagian bagian iga atas. Dua titik ini bisa anda pijat untuk merelaksasi dada akibat batuk.
  3. Titik refleksi batuk yang ketiga adalah bagian sebelah bahu kiri. Tepatnya pada bagian sendi bahu. Pertemuan pergelangan atas dan bahu.
  4. Selanjutnya adalah titik empat yang berada pada bagian kanan. Titik ini sama dengan nomor tiga, perbedaannya hanya berada pada bahu kanan.
  5. Selanjutnya adalah titik kelima, yakni pada bagian ujung bawah tulang dada. Bagian ini biasa disebut dengan taju pedang. Anda bisa memijatnya secara perlahan agar tidak terlalu sakit.

Titik pijat akupresur tersebut bisa anda praktekkan untuk meredakan batuk kering ataupun berdahak. Beberapa titik pijat refleksi tersebut bisa anda lakukan secara rutin. Dengan begitu, batuk bisa berangsur-angsur pulih.

Baca Juga: cara menghilangkan bekas koreng dengan luluran secara alami

Bagi penderita batuk akut yang tidak kunjung sembuh juga bisa anda sembuhkan dengan pijat refleksi batuk seperti diatas. Anda bisa melakukan terapi dengan menghubungi jasa pijat. Tentunya jasa pijat yang sudah ahli dan profesional.

Pijat Refleksi pada Anak-Anak

Terapi pijat refleksi untuk anak bisa anda lakukan selama 3 kali sehari. Dengan begitu, batuk akut bisa mereda dan tidak membuat dada menjadi sakit. Apabila anak anda yang mengalami batuk, maka pijat refleksi juga bisa anda terapkan.

Terkadang anak-anak aktif bergerak hingga terlalu lelah. Hal tersebut juga menjadi pemicu batuk di malam hari. Badan yang kurang fit dan pegal-pegal dapat membuat tidur kurang nyaman.

Anda sebagai orang tua bisa melakukan pijat refleksi seperti diatas. Beberapa titik refleksi diatas bisa anda pahami, kemudian terapkan pada sang anak. Melakukan pijat refleksi juga sangat dianjurkan.

Sebab, dapat mengurangi pengonsumsian obat kimia. Seperti yang diketahui bahwa obat kimia memiliki efek samping yang besar. Titik refleksi batuk seperti diatas bisa dikatakan sebagai metode herbal yang ampuh menyembuhkan batuk.

Info: Konten yang ada di dalam blog ini murni tulisan dari time PopularMassage.Net - sangat tidak di perkenankan bila melakukan copy paste terhadap isi artikel yang ada di dalam blog ini.

Comment: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar