Skip to main content

Mengenal Titik Akupresur pada Tubuh dan Manfaatnya

Gangguan kesehatan yang sering anda alami dapat disebabkan karena aliran darah kurang lancar. Bagi anda yang kini tengah mengalami masalah kesehatan, dapat melakukan pijat sebagai metode penyembuhannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan akupresur. Terdapat titik akupresur pada tubuh yang memiliki banyak manfaat.

Akupresur adalah teknik pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok. Teknik ini mirip dengan akupuntur, bedanya tidak menggunakan jarum. Sehingga, akupresur ini sangat cocok bagi anda yang takut dan merasa kurang nyaman dengan jarum.

Dimana Titik Akupresur pada Tubuh yang Paling Umum?

Akupresur sendiri telah digunakan sejak ribuan tahun lalu di negara Tiongkok. Teknik pengobatan ini dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu. Tekanan ini dapat diberikan melalui tangan, siku, maupun alat bantu khusus.

Maka dari itulah, akupresur ini seringkali disebut sebagai akupuntur tanpa jarum. Sama seperti akupuntur, pengobatan ini mampu merelaksasi serta mengobati beragam jenis penyakit. Salah satunya adalah sakit kepala, sehingga terdapat titik akupresur sakit kepala.

Terdapat ratusan titik akupresur pada permukaan tubuh. Akan tetapi, titik yang paling umum antara lain:

  • Titik hati 3 atau LR-3, titik tersebut berada pada bagian lunak antara ibu jari kaki dan jari kedua pada kaki.
  • Titik usus besar yang berada pada jari tangan atau LI4. Posisinya berada pada bagian lunak antara jari telunjuk dan ibu jari.
  • Titik limpa 6 atau SP-6, merupakan titik yang ada sekitar tiga jari atas pergelangan kaki, tepat pada bagian lunak ataupun otot betis bagian bawah.

Titik Akupresur Wajah untuk Meredakan Stres

Salah satu titik akupresur pada tubuh yaitu bagian wajah. Ini dapat membantu anda untuk meredakan stres. Bukan hanya itu saja, melainkan juga dapat mengurangi rasa sakit serta membantu bersantai dengan baik.

Selain itu, akupresur pada wajah juga dapat melemaskan saraf yang tegang dan meningkatkan sirkulasi darah. Berikut ini adalah titik-titik yang perlu dipijat.

1. Titik Mata Tiga

Titik mata tiga merupakan salah satu poin penting yang paling umum untuk mengobati sakit kepala, termasuk juga migrain. Sehingga ini menjadi titik akupresur sakit kepala migrain yang tepat. Titik tekanan ini terletak antara alis, atas septum hidung.

Dengan memberikan tekanan pada titik ini, maka akan menstimulasi berbagai pembuluh darah dan juga meningkatkan sirkulasi oksigen. Anda hanya perlu menekannya dengan menggunakan jari telunjuk kurang lebih selama 60 detik. Anda juga dapat memberikan gerakan melingkar pada titik tersebut.

2. Titik Bambu

Titik tekanan bambu berada pada saluran hidung anda. Dengan memberikan pijatan pada area ini juga dapat membantu untuk rileks dan mengurangi stres. Letakkan jari telunjuk anda pada sudut-sudut bagian dalam mata anda.

Ini merupakan tulang yang mengelilingi bola mata anda. Anda hanya perlu menekan dengan ujung jari pada titik tekanan selama satu menit.

Baca Juga: Manfaat Titik Pijat Refleksi Tangan Untuk Kesehatan

Titik Akupresur Tangan untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Titik akupresur pada tubuh lainnya yaitu bagian tangan. Terdapat bagian tangan tertentu yang apabila diberikan tekanan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut adalah bagian titik-titiknya.

1. Inner Gate Point atau Bagian Dalam

Inner Gate Point atau bagian dalam terletak pada pergelangan tangan. Untuk mengukurnya, anda dapat menggunakan tiga jari dari bagian bawah telapak tangan. Gunakan ibu jari untuk memijat dengan kuat.

Akupresur pada titik ini dapat meredakan mual dan sakit perut. Selain itu, juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan lainnya.

2. Hand Valley Point atau Lembah Tangan

Anda dapat menemukan Hand Valley Point tangan terletak antara jari telunjuk dan ibu jari. Dengan menekan pada bagian ini, dapat mengurangi stres. Selain itu, juga dapat menghentikan migrain, rasa sakit pada leher, gigi, dan bahu.

3. Outer Gate Point atau Sisi Atas Tangan

Outer Gate Point atau sisi atas tangan hampir sejajar dengan Inner Gate Point, yaitu antara sisi atas tangan, antara dua tendon. Dengan memberikan tekanan pada titik ini, dapat meningkatkan energi serta sistem kekebalan tubuh.

4. Ten Dispersions atau Ujung Jari

Memberikan tekanan atau menggunakan akupresur pada titik ini dapat membantu meringankan beberapa gejala umum. Seperti halnya demam tinggi maupun sakit tenggorokan. Bahkan titik akupresur ini dapat mengobati koma atau epilepsi.

Titik Akupresur Kaki untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan

Titik akupresur pada tubuh bagian kaki ini dapat memberikan efek rileks. Bahkan dapat mengurangi gangguan rasa cemas. Berikut ini merupakan letak titik tersebut beserta dengan cara memijatnya yang dapat anda praktekkan.

  • Tekuk jari kaki anda sampai terbentuk semacam lekukan di bawahnya
  • Letakkan ibu jari tangan anda pada lekukan tersebut
  • Tahan punggung kaki anda menggunakan tangan yang lainnya
  • Pijat lekukan ini secara perlahan dalam gerakan memutar dengan ibu jari tangan
  • Selain dengan gerakan memutar, anda juga dapat melakukan gerakan naik turun ketika memijat

Akupresur Kaki untuk Mengatasi Nyeri Umum

Bila anda ingin mengatasi rasa nyeri dan pegal pada area kaki maupun area tubuh lainnya, dapat melakukan akupresur pada telapak kaki. Cara menerapkan akupresur kaki ini adalah sebagai berikut.

  • Posisikan tubuh dalam keadaan duduk
  • Letakkan objek berbentuk bola pada bawah telapak kaki
  • Gulingkan bola secara bolak-balik dengan menggunakan telapak kaki, kemudian rasakan adanya titik sensitif
  • Bila titik sensitif telah terasa, beri dorongan pada kaki.
  • Tahan kurang lebih selama 3 sampai 5 menit

Titik akupresur pada tubuh ini terbukti memberikan manfaat kesehatan yang sangat luar biasa. Tidak hanya mampu menjaga stamina tubuh, melainkan juga menyembuhkan dengan metode yang lebih aman.

Info: Konten yang ada di dalam blog ini murni tulisan dari time PopularMassage.Net - sangat tidak di perkenankan bila melakukan copy paste terhadap isi artikel yang ada di dalam blog ini.

Comment: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar