Skip to main content

Pijat Refleksi Untuk Anak Besar Manfaatnya

Pijat refleksi untuk anak seperti yang kita tahu Masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan, baik dari perilaku maupun pola pikir mereka. Tak heran pada masa ini pula anak-anak sedang aktif bergerak karena keingintahuan mereka. Agar kesehatan anak tetap terjaga dengan baik, maka dapat melakukan pijat refleksi.

Maka dari itu, sebagai orang tua yang bijak, tidak perlu merasa takut maupun khawatir memberikan pijatan kepada anak-anak. Asalkan dengan teknik dan cara yang tepat, pijat tersebut dapat memberikan dampak baik bagi tubuh. Pada dasarnya terdapat titik-titik tertentu yang penting untuk anda ketahui dalam melakukan pijat ini. Hal tersebut dapat anda pelajari dengan mudah.

Mengenal Pijat Refleksi dan Manfaatnya untuk Anak

Refleksi atau sering kita sebut sebagai akupresur merupakan terapi yang dapat meningkatkan kenyamanan tubuh anak. Pijat ini dapat bermanfaat untuk memperlancarkan sistem pencernaan dan membuat tidur anak menjadi lebih nyenyak.

Pada dasarnya, titik saraf pada tubuh manusia berjumlah ratusan, begitu pula tubuh anak-anak. Untuk itulah, penting dalam memahami titik pijat anak.

Sehingga, pijatan yang anda lakukan aman dan efektif untuk digunakan dalam menangani suatu masalah kesehatan anak. Misalnya saja seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Titik-titik tersebut dapat anda pelajari dari ilmu akupresur. Yang pada dasarnya merupakan metode pengiriman sinyal ke tubuh untuk menghidupkan penyembuhan sendiri.

Umumnya, energi vital yang dimiliki oleh tubuh bersikulasi melalui jalur alami dalam tubuh. Penyembuhan aliran ini dapat menyebabkan penyakit maupun rasa sakit.

Dengan pijat dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan fungsional dan mengembalikan aliran. Sehingga mampu mengembalikan tubuh ke kondisi baik secara lebih alami.

Titik Refleksi Saraf Otak untuk Mengatasi Gangguan Otak Anak

Pijat refleksi terbukti mampu memperbaiki sistem saraf otak pada anak. Dengan demikian, anak akan terhindar dari keterlambatan motorik, sensorik, pertumbuhan, dan juga perkembangan.

Beberapa gangguan motorik yang sering anak alami seperti terlambat duduk, merangkak, berjalan, mengayuh sepeda, bahkan anak sering jatuh ketika berlari. Anak yang sudah terlanjur mengalami gangguan motorik ini dapat disembuhkan dengan pijatan.

Cara pijat pada titik ini adalah menyentuh bagian kepala dengan lembut dalam gerakan melingkar kecil. Jangan sampai lebih dari 30 detik pada satu titik tekanan.

Pijat yang dilakukan pada bayi ada bagian yang tidak boleh disentuh. Para orang tua tidak boleh memijat pada bagian ubun-ubun. Pasalnya, ubun-ubun bayi di bawah umur dua tahun belum terbentuk secara sempurna.

Titik Refleksi Kaki untuk Meredakan Pusing pada Anak

Terdapat waktu terbaik untuk melakukan pijat pada anak. Biasanya dilakukan saat mandi atau pada sesi khusus.

Untuk bayi, pijat ini dapat anda lakukan sebelum menyusui atau mempersiapkan bayi untuk tidur. Anda pun juga dapat melakukan pijat ini saat di rumah maupun ketika bepergian.

Pada bayi, anda dapat memberikan pijat ini sebanyak 1 sampai 3 kali sehari. Akan tetapi, tidak boleh anda lakukan lebih dari 15 menit.

Titik pijat refleksi ini diberi kode LV3 atau kependekan dari Liver 3 (Tai Chong). Ini merupakan titik penyembuhan untuk menyembuhkan banyak masalah kesehatan.

Titik ini berada pada daerah berdaging, simpul bertemunya antara tulang jempol kaki serta telunjuk kaki. Dengan memijat anak pada titik ini dapat membantu atasi sakit kepala, pusing, vertigo, insomnia, sakit mata, mata bengkak, kongesti, dan juga rewel atau tantrum.

Titik Pijat Bayi untuk Meredakan Hidung Tersumbat

Anak-anak bahkan bayi sangat rentan terserang hidung tersumbat. Selain disebabkan karena alergi, bisa juga karena kondisi cuaca yang kurang baik.

Dengan pijat ini dapat meredakan hidung tersumbat pada bayi. Dengan kode Usus Besar 4 (He GU), titik tersebut berada pada daerah berdaging diantara jari telunjuk serta ibu jari tangan.

Selain meredakan hidung tersumbat, pijat juga mampu mengobati sakit leher, sakit gigi pada anak, sakit tenggorokan, maupun masalah pernafasan. Selain itu, juga dapat menyembuhkan demam, sakit lengan, sakit perut, hingga sembelit.

Pijat Bayi untuk Memperlancar Peredaran Darah

Dengan kode Limpa 6 (San Yin Jiao), untuk menemukan lokasinya, anda dapat meraba sekitar tiga ruas jari dari pergelangan kaki bagian dalam. Memijat pada titik ini di tubuh bayi dapat membantu mengobati masalah penyakit kulit dan juga nyeri bagian bawah tubuh.

Gerakan pijat refleksi ini juga dapat memperkuat organ tubuh, seperti ginjal. Dengan sistem peredaran darah yang lancar, bayi anda akan jauh lebih sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan.

Manfaat Pijat Bayi untuk Relaksasi

Pada dasarnya, pijat pada bayi libatkan beragam aspek dasar. Seperti halnya perkembangan anak umur di bawah dua tahun atau baduta. 

Anda dapat memberikan stimulasi sentuh, gerakan, urut, pendengaran, dan juga penglihatan. Pijat ini dapat menguatkan bounding ataupun ikatan diantara orang tua dan bayi.

Untuk memberikan hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan minyak. Dengan tujuan agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Minyak yang dapat anda gunakan seperti minyak kelapa atau baby oil, sehingga lebih aman untuk bayi. Hindari untuk menggunakan minyak telon.

Baca Juga: Mengenal titik akupresur pada tubuh

Selain itu, anda sebagai orang tua dapat mengajak anak bicara, bercerita, maupun menyanyi. Meskipun anak belum dapat mendengar dengan baik, tetapi ini dapat menguatkan ikatan dengan anak.

Bayi pun dapat merasa lebih dekat dengan orang tuanya, sehingga proses pijat ini membuat bayi bahagia dan rileks. Pijat refleksi ini akan memberikan sejumlah manfaat penting seperti menambah nafsu makan, anak menjadi lebih ceria, dan membantu relaksasi.

Info: Konten yang ada di dalam blog ini murni tulisan dari time PopularMassage.Net - sangat tidak di perkenankan bila melakukan copy paste terhadap isi artikel yang ada di dalam blog ini.

Comment: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar