Skip to main content

Manfaat Titik Pijat Refleksi Tangan Untuk Kesehatan

Sebagian orang pasti pernah melakukan pijat refleksi tangan. Tujuannya adalah untuk meringankan pegal yang terjadi pada tangan. Selain itu, ada beberapa keluhan yang terjadi dan solusinya adalah memijat bagian tangan. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari pijat refleksi. Mulai dari bagian tangan hingga Pijat refleksi pada bagian kaki.

Tidak sedikit orang yang mengetahui arti dari pijat refleksi pada tangan. Istilah ini berarti teknik pijatan pada bagian tangan yang berfokus pada titik refleksi tangan. Titik tersebut dianggap berhubungan langsung dan memiliki saraf yang sensitif.

Bisa dikatakan bahwa titik tersebut memiliki keterkaitan dengan bagian tubuh yang lainnya. Kemudian rasa sakit yang dialami bisa hilang dan beberapa gejala penyakit dapat berkurang.

Manfaat Pijat Refleksi Tangan

Pijat refleksi sendiri sudah dipercaya oleh banyak orang. Selain minim resiko dan efek samping, pijat refleksi juga dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Kemudian bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit pada tubuh.

Pijat refleksi bisa dilakukan oleh para terapis handal. Apabila anda memiliki keahlian dan pengetahuan mengenai pijat refleksi pada tangan, maka bisa memijatnya sendiri. Namun apabila ragu, maka anda bisa menggunakan jasa pijat refleksi.

Kini ada banyak penyedia jasa pijat refleksi. Berbicara mengenai refleksi tangan, ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika telah melakukan terapi refleksi. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengurangi Stress, Cemas, dan Sakit Kepala

Salah satu manfaat dari pijat refleksi bagian tangan adalah dapat mengurangi stress dan sakit kepala. Pekerjaan dan aktivitas yang membebani terkadang membuat pikiran menjadi stress. Selain itu, adanya gangguan seperti kecemasan juga meningkatkan stress.

Kondisi ini dapat berujung darah tinggi dan membuat penderita bisa mengalami stroke. Untuk mengatasi hal tersebut, maka anda bisa melakukan cara sederhana yakni pijat refleksi tangan. Kemungkinan saraf jari tangan berhubungan dengan saraf pada kepala.

Manfaat lainnya yang masih berkaitan yakni menjadikan tidur menjadi lebih nyenyak. Masalah kurang tidur atau tidak bisa tidur biasanya terjadi karena sakit kepala, stress, dan rasa cemas.

2. Memperlancar Saluran Pernafasan

Manfaat yang selanjutnya adalah memperlancar saluran pernafasan. Titik refleksi tangan kiri dan kanan pada bagian pangkal ibu jari ternyata berhubungan dengan saluran pernafasan.

Apabila titik tersebut dipijat dengan benar, maka akan membuat sistem pernafasan semakin lancar. Terkadang ada yang merasa tenggorokan sakit, kemudian bagian paru-paru juga nyeri. Hal ini membuat saluran pernafasan kurang baik.

Pijat refleksi tangan membuat saluran pernafasan lebih baik. Anda bisa mempercayakannya kepada terapis atau pemijat yang ahli. Dengan begitu, manfaat yang bisa anda dapatkan lebih maksimal.

3. Memperlancar Kerja Saraf Tubuh

Manfaat yang lainnya dari pijat refleksi pada bagian tangan adalah kerja saraf tubuh menjadi lebih lancar. Titik refleksi tangan dan kaki memang berbeda. Namun manfaatnya hampir sama yakni menunjang kesehatan tubuh.

Terkadang stamina tubuh cepat lelah, kemudian mudah stress, dan masih banyak lagi. Hal ini dapat berpengaruh pada kualitas kesehatan yang menurun. Dengan melakukan pijat refleksi bagian tangan, maka stamina tubuh bisa kembali pulih.

Metode pemijatan juga lebih efektif dan efisien. Sebab, anda tidak perlu mengonsumsi obat untuk mencegah sakit. Selain manfaat diatas, ada beberapa manfaat lain dari pijat refleksi di tangan.

Seperti mengatasi sembelit, pilek, flu, masalah pencernaan, dan memperlancar peredaran darah. Teknik pijatan ini menjadi solusi bagi banyak orang yang merasa kurang sehat atau tidak enak badan.

Titik Pijat Refleksi Tangan

Selain mengetahui beragam manfaat dari pijat refleksi pada bagian tangan, anda juga perlu mengetahui titik refleksi tangan. Berikut ini beberapa titik refleksi pada tangan yang perlu anda ketahui.

1. Hand Valley Point

Titik pijat ini berada di antara ibu jari dan jari telunjuk. Manfaat jika titik ini dipijat adalah dapat mencegah sakit gigi, nyeri bahu, kaku pada leher, hingga mengurangi stress.

2. Inner Gate Point

Titik pijat refleksi tangan yang selanjutnya adalah inner gate point. Titik ini berada di bagian lipatan pergelangan tangan bagian dalam. Manfaat dari pijat refleksi ini adalah meredakan masalah pencernaan. Tidak hanya itu saja, manfaat lainnya adalah mengatasi sakit perut dan muntah.

3. Lung Meridian

Selanjutnya adalah titik lung meridian yang terletak pada bagian ujung tangan. Titik ini segaris dengan ujung ibu jari, kemudian lurus ke sepanjang sisi tangan. Lalu berakhir pada lipatan pergelangan tangan.

Anda bisa memijat bagian ini dengan lembut dan agak menekan. Tujuannya adalah untuk mengatasi gejala penyakit flu umum seperti sakit tenggorokan, bersin-bersin, dan juga pilek.

4. Outer Gate Point

Selanjutnya adalah titik pijat refleksi pada bagian outer gate point. Titik pijat ini berada pada bagian atas pergelangan tangan luar. Sehingga berkebalikan dengan inner gate point.

Titik pijat ini juga bermanfaat untuk meredakan rasa lelah yang berlebihan. Selain itu, bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan aliran darah. Anda bisa memijat bagian ini secara perlahan.

Beberapa titik pijat tersebut perlu anda ketahui sehingga bisa melakukan pemijatan sendiri. Namun akan lebih baik jika mempercayakannya kepada terapis ahli.

Tips Melakukan Pijat Refleksi Tangan

Secara umum, ada beberapa peringatan sebelum melakukan pijat refleksi. Namun bagi sebagian orang, terapi refleksi sudah biasa dilakukan. Entah itu pada bagian tangan, kaki, atau yang lainnya. Berikut ini beberapa tips sebelum melakukan pijat refleksi.

  1. Kemungkinan terdapat resiko setelah melakukan pijat refleksi. Misalnya rasa sakit yang berlebihan sehingga perhatikan kondisi tubuh ketika melakukan pijat.
  2. Ketika sedang hamil tidak boleh melakukan terapi refleksi pada tangan. Kemungkinan besar akan timbul kontraksi secara tiba-tiba.
  3. Apabila tidak bisa melakukan pijat refleksi sendiri, maka perlu bantuan terapis.

Pijat refleksi tangan memang bermanfaat dan berpengaruh pada kesehatan. Agar tidak timbul resiko, maka harus mengetahui titik refleksi yang benar. Sehingga pijat refleksi menjadi solusi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Info: Konten yang ada di dalam blog ini murni tulisan dari time PopularMassage.Net - sangat tidak di perkenankan bila melakukan copy paste terhadap isi artikel yang ada di dalam blog ini.

Comment: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar