Skip to main content

Manfaat Titik Pijat Refleksi pada Bagian Kaki

Pijat refleksi pada bagian kaki merupakan salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi pegal-pegal. Namun untuk pijat refleksi, terutama pada bagian kaki, sebenarnya memiliki manfaat tersendiri. Umumnya banyak orang yang menggunakan jasa pijat untuk mengatasi rasa lelah. Kemudian mengembalikan kebugaran tubuh akibat lelah atau stres.

Pada dasarnya pijat refleksi bukan merupakan metode medis. Namun banyak orang yang menggunakan metode ini untuk meningkatkan kesehatan. Pijat refleksi biasanya dilakukan oleh para terapis handal yang sudah berpengalaman dan profesional.

Manfaat Pijat Refleksi pada Bagian Kaki

Tidak banyak penelitian yang membahas secara detail mengenai pijat refleksi. Namun pijat refleksi sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, ada beberapa titik refleksi yang harus dipijat dengan benar, bahkan ada yang perlu dihindari.

Titik refleksi kaki kanan dan kaki kiri bisa saja berbeda. Sehingga akan lebih baik jika menggunakan jasa terpercaya ketika ingin melakukan pijat refleksi. Berikut ini beberapa manfaat pijat refleksi jari kaki yang perlu anda ketahui.

1. Mengatasi Sakit Kepala

Tidak sedikit orang yang mengalami sakit kepala karena berbagai hal. Biasanya orang yang sakit kepala disebabkan oleh pusing, stress, dan kecemasan yang berlebihan. Hal ini sudah biasa terjadi pada mereka yang memiliki beban pikiran dan pekerjaan yang banyak.

Untuk mengatasi sakit kepala, sebenarnya tidak harus mengonsumsi obat. Anda bisa menggunakan cara lain yakni pijat refleksi bagian kaki. Salah satu manfaat dari melakukan pijat refleksi kaki adalah mengatasi sakit kepala.

Anda bisa menggunakan jasa pijat refleksi yang menyediakan terapis handal. Dengan melakukan pijat refleksi, maka rasa sakit kepala bisa berangsur-angsur hilang. Selain itu, migrain atau yang lainnya juga tidak terasa lagi.

2. Memberikan Relaksasi Pada Tubuh

Pijat refleksi sendiri memang bisa dilakukan pada bagian kaki dan bagian yang lainnya. Ada beberapa titik refleksi di kaki dan manfaatnya. Selain itu, titik untuk pijat refleksi berbeda-beda. Untuk bagian kaki dengan bagian tangan sudah pasti berbeda.

Bahkan untuk bagian kakinya sendiri juga berbeda. Misal pijat refleksi pada bagian kaki untuk meredakan kecemasan, kemudian pijat refleksi untuk meredakan sakit kepala. Salah satu manfaat dari pijat refleksi kaki adalah memberikan efek relaksasi.

Selain kecemasan, banyak orang yang merasa pegal-pegal, tidak enak badan, dan tidak bisa tidur. Pijat refleksi pada kaki dapat mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, tubuh menjadi relaks dan tenang.

Efek relaksasi ini juga membuat tidur lebih tenang. Selain itu, anda bisa beraktifitas lagi tanpa merasa pegal atau lelah. Pekerjaan menjadi lebih optimal dan maksimal.

3. Meningkatkan Pemulihan Pasca Stroke

Manfaat yang selanjutnya adalah meningkatkan pemulihan pasca stroke. Banyak orang yang mengalami gejala stroke, bahkan sudah menderita stroke. Penyakit yang satu ini juga menjadi pembunuh bagi banyak orang.

Suplai darah ke bagian otak terganggu dan menjadi penyebab terjadinya stroke. Salah satu cara untuk memulihkan pasien stroke yang masih stadium awal dan perlu terlalu parah adalah melakukan pijat refleksi.

Pijat refleksi pada bagian kaki juga dapat melancarkan peredaran darah pada tubuh. Hal ini karena adanya efek relaksasi yang merupakan manfaat sebelumnya. Ketika tubuh lebih tenang dan relaks, maka peredaran darah juga menjadi lancar.

Sehingga dapat mempercepat pemulihan pasien pasca stroke. Manfaat pijat refleksi pada kaki memang sangat membantu meningkatkan kesehatan. Terdapat efek positif yang dapat merangsang kemampuan fisik pasien stroke.

4. Meringankan Gejala Multiple Sclerosis

Ada beberapa titik refleksi di kaki dan manfaatnya yang tidak kalah penting adalah meringankan gejala multiple sclerosis. Biasanya hal ini berkaitan dengan para penderita kanker. Kemudian menjalani perawatan secara rutin seperti kemoterapi.

Dengan melakukan pijat refleksi, maka gejala nyeri atau mual saat perawatan dapat diatasi. Manfaat pijat refleksi pada bagian kaki memang sangat banyak. Bahkan dapat mencegah terjadinya beragam penyakit yang dapat menyerang tubuh.

Manfaat lainnya dari pijat refleksi kaki adalah dapat mengembalikan mood ketika beraktivitas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kemudian meningkatkan kesuburan, melancarkan pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan masih banyak lagi.

Pantangan Ketika Melakukan Pijat Refleksi Kaki

Beberapa manfaat dari pijat refleksi memang sangat banyak. Sehingga tak heran jika banyak orang yang memilih untuk melakukan pijat refleksi daripada ke dokter. Bahkan ada yang tidak mengonsumi obat kimia ketika sedang tidak enak badan.

Pijat refleksi pada bagian kaki sebenarnya aman untuk dilakukan. Alasannya karena tidak memiliki efek samping apapun. Namun kegiatan pijat refleksi juga memiliki pantangan atau batasan.

Ada beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk melakukan pijat refleksi. Sebab, pada kondisi tersebut justru malah berbahaya. Sehingga tidak dianjurkan untuk melakukan pijat refleksi, berikut penjelasannya,

1. Mengalami Cidera Kaki

Pijat refleksi tidak dianjurkan ketika anda sedang mengalami cidera kaki. Sebab, kemungkinan titik refleksi pada kaki kanan atau kaki kiri bisa bermasalah. Apabila dipijat sembarangan akan muncul resiko.

Seperti peradangan bagian kaki yang semakin parah, asam urat, bahkan luka dalam. Oleh karena itu, jangan salah artikan nyeri dan cidera kaki.

2. Kondisi Fase Kehamilan

Pijat refleksi pada bagian kaki juga tidak boleh dilakukan pada ibu hamil. Hal ini karena tekanan pada bagian kaki dapat merangsang kontraksi ibu hamil.

Seperti yang diketahui bahwa ibu hamil memiliki masa sensitif yang kesehatannya bisa saja menurun. Sehingga akan lebih baik jika tidak melakukan pijat pada ibu hamil.

3. Mengalami Masalah Pembekuan Darah

Selanjutnya adalah fase dimana anda mengalami masalah pada pembekuan darah. Pada fase seperti ini anda tidak boleh melakukan pijat refleksi. Sebab, dapat memunculkan berbagai resiko yang berbahaya.

Salah satunya adalah potensi darah yang menggumpal pada bagian jantung dan otak. Sehingga akan lebih baik jika anda tidak melakukan pijat refleksi pada kondisi-kondisi tersebut.

Pijat refleksi pada bagian kaki memang memberikan manfaat yang bagus. Namun beberapa pantangannya juga tidak boleh diabaikan. Sehingga manfaatnya tidak akan berubah menjadi masalah baru.

Info: Konten yang ada di dalam blog ini murni tulisan dari time PopularMassage.Net - sangat tidak di perkenankan bila melakukan copy paste terhadap isi artikel yang ada di dalam blog ini.

Comment: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar