Skip to main content

Mitos Dan Fakta Dibalik Pembuatan Minyak Kelapa Murni Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Banyak orang yang mengenal dan merasakan manfaat dari minyak kelapa murni. Minyak yang seringkali digunakan untuk pijat ini dibuat dengan cara tradisional oleh beberapa orang, dengan tradisi serta mitos yang harus dipatuhinya. Walaupun sudah banyak yang memproduksi dalam bentuk pabrikan, namun beberapa orang mempercayai pembuatan dengan cara tradisional jauh lebih baik.

Pembuatan minyak kelapa murni ini dibuat berdasarkan tradisi turun temurun dari sejak dulu. Bahkan hingga kini, beberapa daerah di Indonesia masih membuat minyak ini dengan cara tradisional. Alasannya karena beberapa orang pembuatnya mempercayai bahwa minyak yang dibuat dengan cara tradisional jauh lebih terjaga kemurniannya.

Disamping itu, pembuatan minyak ini seringkali harus dilakukan dengan menjalankan mitos-mitos dan beberapa pantrangan yang tidak boleh dilanggar. Apabila melanggarnya, maka minyak tersebut tidak akan menjadi minyak yang sempurna. Hal yang unik bukan? Itulah sebabnya minyak dari pabrikan kurang begitu diterima.

Padahal minyak ini seringkali digunakan oleh penyedia jasa pijat panggilan, terutama untuk minyak pabrikan, yang mana telah dicampur dengan aroma parfum yang tentunya lebih wangi untuk dilakukan pijat pada bagian tubuh, selain efektif untuk pijat karena teksturnya yang lebih licin. Dengan demikian, mempermudah terapi pijat yang dilakukan oleh terapis.

Mitos Minyak Kelapa Murni

Dibalik pembuatan minyak kelapa murni ada beberapa mitos yang harus dilakukan oleh para pembuatnya. Pasalnya jika mitos dan pantrangan tersebut tidak dilakukan, maka dapat membuat minyak itu tidak akan menjadi minyak kelapa yang berkualitas baik. Dengan demikian, setiap pembuatnya selalu melaksanakan mitos dan pantrangan tersebut agar dapat menghasilkan minyak kelapa yang berkualitas.

Tradisi mitos yang harus dilakukan oleh pembuat minyak ini, selama pembuatan minyak tersebut tidak boleh berbicara atau mengeluarkan kata sedikitpun. Jika selama pengolahannya berbicara atau mengucapkan satu kata saja maka minyak yang dihasilkan menjadi tidak berkualitas. Itulah sebabnya para pembuat minyak tersebut selalu berdiam diri sekalipun ada orang yang memanggilnya.

Mitos lainnya dalam membuat minyak kelapa murni ini tidak boleh menggunakan bahan baku buah kelapa yang jatuh, melainkan harus dipetik langsung dari pohonnya. Itulah sebabnya, banyak orang yang memanjat terlebih dahulu pohon kelapa tersebut ,serta tidak menjatuhkan buahnya ketika sudah dipetik sebelum diolahnya menjadi minyak.

Mitos-mitos tersebut masih dilakukan oleh para pembuat minyak kelapa yang dilakukan dengan cara tradisional. Mereka sangat mempercayai apabila melanggar mitos-mitos tersebut akan menghasilkan minyak yang tidak berkualitas. Beberapa orang telah membuktikannya dengan mencoba melanggar pantrangan dan mitos tersebut.

Fakta Minyak Kelapa Murni

Dibalik mitos pembuatan minyak kelapa murni, ternyata ada beberapa fakta yang tersembunyi di baliknya. Fakta-fakta tersebut merupakan manfaat dari minyak kelapa tersebut. Berikut diantaranya:

  • Dapat Digunakan Untuk Menghilangkan Kotoran Pada Kepala Bayi

Fakta minyak kelapa ini bisa digunakan untuk menghilangkan kotoran pada kepala bayi. Hal tersebut sering terjadi pada bayi baru lahir yang sering kotor, atau semacam lemak kotor pada bagian kepalanya. Oleh sebab itu, membersihkannya dengan minyak ini sering dilakukan dari sejak dulu.

Bayi baru lahir sering kali terdapat kotoran di kepalanya. Lemak hitam menggumpal terdapat pada ubun-ubunnya. Untuk membersihkannya, cukup dengan mengoleskan minyak ini tanpa perlu menggosoknya dengan lebih keras. Kulit bayi itu sendiri sangat sensitif, menggosoknya dapat menimbulkan luka dan iritasi.

  • Dapat Digunakan Untuk Pijat

Teksturnya yang lebih licin, menjadikan minyak ini sangat cocok untuk digunakan sebagai pijat. Khususnya lebih memudahkan para terapis untuk menelusuri otot-otot yang tegang. Dengan demikian, dapat dengan mudah melenturkan kembali otot-otot tersebut, karena sangat mudah untuk melakukan pijatan pada bagian tubuh tersebut.

Memijat seringkali membutuhkan minyak untuk pelicinnya. Oleh sebab itu, penggunaan minyak ini seringkali digunakan sebagai minyak pijat dari sejak dulu. Bahkan lebih efektif karena teksturnya yang lebih licin dibandingkan jenis minyak pada umumnya.

  • Dapat Digunakan Untuk Menggoreng Yang Lebih Sehat

Minyak kelapa murni ini memiliki kandungan lemak tak jenuh dan asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan minyak kelapa biasa. Oleh sebab itu, menggoreng menggunakan minyak ini jauh lebih sehat untuk tubuh, terutama lemak tak jenuh sangat baik untuk kesehatan jantung.

Bagi beberapa orang yang memiliki masalah kesehatan jantung, terlalu banyak makan goreng-gorengan dapat meningkatkan kolesterol. Oleh sebab itu, alternatifnya bisa dilakukan dengan cara menggoreng menggunakan minyak murni ini. Dengan demikian, gorengan pun akan lebih sehat.

  • Sebagai Campuran Bahan Makanan

Walaupun tidak dicampuri dengan pewangi, aroma alami minyak ini sangat cocok untuk dicampurkan ke dalam masakan lainnya. Disamping sebagai penguat aroma masakan tersebut, juga dapat digunakan untuk menambah rasa gurih pada masakan, baik masakan tradisional maupun masakan modern.

Masakan yang menggunakan campuran minyak ini, menjadi lebih wangi dan gurih. Beberapa diantaranya juga bisa digunakan sebagai pengganti margarine pada kue-kue modern. Sehingga rasa yang didapat menjadi lebih gurih dengan aroma yang lebih harum.

  • Melembabkan Kulit

Ternyata fakta lain dari minyak ini dapat melembabkan kulit. Oleh sebab itu, seringkali digunakan sebagai pijat. Sehingga, bila dipijat dengan menggunakan minyak ini, dapat memiliki dua manfaat yaitu bisa menetralisir kembali otot-otot yang tegang serta dapat membuat kulit menjadi lebih lembab.

Hal tersebut karena kandungan asam lemak tak jenuh pada minyak ini yang lebih bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bahkan beberapa orang seringkali menggunakannya sebagai lotion tubuh alami. Minyak ini sangat ampuh untuk menghilangkan kulit bersisik. Oleh sebab itu, beberapa produsen kosmetik sering mencampurnya sebagai bahan baku kosmetik.

Itulah beberapa fakta dari minyak kelapa murni, yang juga sebagai manfaatnya. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan manfaatnya. Sekalipun banyak jenis minyak yang terdapat di pasaran. Namun, jenis minyak ini merupakan salah satu kearifan lokal. Dengan demikian menggunakannya dapat turut serta melestarikan tradisi budaya masyarakat Indonesia.

Sejarah Minyak Kelapa Murni

Para nenek moyang dari sejak dulu sering mengolah kelapa untuk dijadikan minyak. Hal tersebut dikarenakan, tumbuh suburnya tanaman ini di Indonesia, hingga banyak menghasilkan buah kelapa yang melimpah. Berawal dari hal tersebut, buah kelapa yang banyak itu sering dimanfaatkan sebagai minyak.

Terutama sejak zaman VOC, minyak kelapa murni ini sering dijadikan sebagai komoditi bisnis yang dapat diekspor ke berbagai negara. Berawal dari hal tersebut, minyak yang sering disebut sebagai minyak tropical ini mulai banyak diolah oleh masyarakat Indonesia. Walaupun pengolahannya masih menggunakan cara tradisional. Namun, pangsa pasar masyarakat Eropa seringkali menyambut antusias komoditi ini.

Para nenek moyang dulu sering menggunakan minyak kelapa murni ini sebagai penghitam rambut, melancarkan ASI, serta digunakan untuk pijat. Oleh sebab itu, manfaat minyak ini sudah dirasakan dari sejak dulu. Lebih daripada itu, para nenek sering menggunakan minyak ini tidak sebatas sebagai bumbu dapur semata, namun juga sebagai kosmetik.

Sejak saat itu, minyak ini terus diproduksi hingga sekarang. Bahkan beberapa pabrik kecantikan turut serta memproduksinya, karena manfaatnya sebagai salah satu bahan untuk merawat kecantikan. Beberapa pabrikan mencampur minyak ini dengan parfum yang dapat memberikan efek aromatherapi. Dengan demikian, bisa lebih bermanfaat untuk digunakan sebagai kosmetik.

Dibalik pembuatan minyak kelapa murni, ternyata ada mitos dan fakta yang tersembunyi. Beberapa diantaranya adalah manfaat yang dapat diambil dari minyak kelapa. Dengan demikian semakin tahu sejarah serta asal usul minyak ini untuk kesehatan dan pemijatan pada tubuh. Hal tersebut penting untuk diketahui sebagai melestarikan kearifan budaya lokal.

Info: Konten yang ada di dalam blog ini murni tulisan dari time PopularMassage.Net - sangat tidak di perkenankan bila melakukan copy paste terhadap isi artikel yang ada di dalam blog ini.

Comment: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar