Skip to main content

Manfaat Bekam Sangat Bagus Untuk Kesehatan

Bekam adalah salah satu pengobatan tradisional Yang manfaat bekam itu sendiri sangat banyak sekali, paling ampuh untuk menyembuhkan segala macam penyakit dan mengeluarkan racun yang ada pada tubuh, yang asal muasalnya dari timur tengah dan terapi Bekam dalam isLam sangat di anjurkan bahkan menjadi pengobatan terbaik dalam pandangan agama islam.

Menurut islam bekam juga termasuk pengobatan sunnah yang pernah di lakukan oleh rosulullah yang di kutip langsung dari beberapa sumber hadist yang terpercaya.

Terapi yang satu ini adalah pengobatan tradisional yang sangat kuno dan tertua didunia, menurut keterangan ahlinya terapi bekam sudah ada pada zaman mesir kuno tepatnya pada tahun 1550 sebelum masehi. Yang dulu hanya bisa di lakukan oleh para bangsawan saja pada masa itu.

Terapi bekam ini pada umumnya adalah mengeluarkan darah kotor atau statis (kental) yang sudah tidak di perlukan lagi oleh tubuh, agar peredaran darah lainnya bisa berfungsi dengan baik dan normal.


Proses Praktek Terapi Bekam

Sebelum mempraktekan terapi bekam biasanya bekam menggunakan alat bekam seperti cangkir dan alat bekam lainnya, yang akan di panaskan menggunakan alkohol, bahan herbal, atau kertas khusus yang langsung di tempatkan pada cangkir tersebut sampai akhirnya api akan mengecil dan padam kemudian di tempelkan pada permukaan kulit pasien.

Menunggu sampai udara dalam gelas terasa dingin, dengan udara dingin itulah yang akan memulai penyedotan darah kotor yang ada pada tubuh sampai keluar.

Cara diatas masih tergolong cara tradisional (kuno) ada juga cara yang lebih modren dan lebih mudah yaitu dengan menggunakan pompa karet. Dengan alat tersebut terapis biasanya akan menggunakan cangkir yang berbentuk slikon yang boleh di pindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya yang di perlukan.

Pada umumnya bekam terbagi menjadi dua bagian yaitu, bekam basah dan bekam kering. Dalam jenis bekam kering cangkir akan dibiarkan menempel pada kulit sampai akhirnya memerah dan mencuat keatas.

Bedahalnya dengan jenis bekam basah, yang dilakukan sayatan dangkal atau tusukan dengan jarum pada bekas bekam untuk penyedotan darah kemudian dilakukan bekam ulang untuk proses pengeluran darah. Agar tidak terjadi infeksi sebaiknya setelah selesai bekam tempat bekas bekam dioleskan dengan salep antibiotik atau di bersihkan dengan baik.

Setelah melakukan bekam pasti akan terdapat bekas pada bagian yang sudah di lakukan bekam, tapi anda jangan khawatir karena bekas tersebut akan hilang sendirinya sedikitnya dalam kurun waktu 9 sampai 10 hari.


Manfaat Bekam Bagi Kesehatan

Terapi bekam ini sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan mampu mengobati segala macam penyakit seperti:

  • Tekanan darah yang tinggi
  • Kelainan darah seperti halnya hemofilia dan anemia dll.
  • Migran, sakit kepala
  • Masalah terhadap kesuburan atau kandungan rahim
  • Fribomyalgia dan arthtritis
  • Jerawat
  • Saluran pernafasan yang disebabkan oleh asma atau alergi
  • Varises

Dan manfaat bekam masih banyak lagi yang lainnya.


Hal Yang Harus Diperhatikan

Untuk menghindari penularan penyakit yang tidak diinginkan sebaiknya anda memperhatikan beberapa point penting yang harus di hindari jika anda melakukan terapi bekam bekam di tempat umum, diantaranya sebagai berikut:

  • Pastikan terlebih dahulu tempat terapis tersebut sudah terpercaya dan terjamin dan mempunyai kualitas tinggi
  • Terapis juga harus sudah betul-betul ahli dan profesional dalam menangani terapi bekam
  • Alat yang digunakan harus bersih dan steril dari kuman, atau bakteri penyakit
  • Ceritakan dan berdiskusi pada ahlinya tentang penyakit yang anda derita agar terapis tersebut bisa menentukan bagian yang bagus untuk dilakukan bekam

Berikut keterangan mengenai manfaat bekam dan bekam dalam pandangan islam. Semuga bermanfaat.   

Info: Konten yang ada di dalam blog ini murni tulisan dari time PopularMassage.Net - sangat tidak di perkenankan bila melakukan copy paste terhadap isi artikel yang ada di dalam blog ini.

Comment: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar